sveosportu.com

Klaim Pole Sprint F1 GP Austria, Verstappen Waspadai McLaren

Max Verstappen

Max Verstappen mengaku puas setelah berhasil mengklaim pole position untuk sprint Formula 1 Grand Prix Austria 2024. Bintang Red Bull Racing ini mengalahkan pembalap McLaren, Lando Norris.

Dalam sesi ketiga kualifikasi sprint (SQ3) GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Verstappen mencetak waktu lap tercepatnya di angka 1 menit 04,686 detik. Ia unggul tipis atas Norris, hanya 0,093 detik. 

Sementara posisi ketiga menjadi milik rekan satu tim Norris di McLaren, Oscar Piastri, yang mencatatkan 1:04,987. Melengkapi lima besar kualifikasi sprint ada George Russell dan Carlos Sainz Jr.

Mengenai kualifikasi sprint, terutama SQ3, GP Austria, Max Verstappen mengatakan semuanya berjalan lancar untuknya. Ia puas dengan performa mobil RB20 usai tim melakukan penyesuaian set up.

“Itu hari yang baik. Sungguh menyenangkan mengendarai mobilnya. Saya pikir mobil langsung seimbang. Lalu Anda membuat sedikit penyesuaian saat memasuki kualifikasi sprint dan segalanya bekerja dengan sangat baik,” ujar Verstappen usai SQ3, Jumat (28/6/2024).

“Selalu senang bisa menjadi yang terdepan di sini, di hadapan pendukung saya pada balapan kandang tim saya. Ini awal yang bagus untuk akhir pekan, tetapi kami masih memiliki banyak pekerjaan. Kita lihat bagaimana kelanjutannya,” imbuh sang juara dunia tiga kali.  

Max Verstappen menyadari ancaman serius McLaren akan berlanjut di Red Bull Ring. Tim asal Woking, Inggris itu kini telah menjadi rival beratnya dalam beberapa race terakhir, terutama Lando Norris.     

Dan, di Red Bull Ring, mereka membuktikan mobil MCL38 mampu bersaing dengan RB20. Terbukti selisih Norris dari Verstappen hanya 0,093 detik. Karena itulah, Super Max tetap mewaspadai McLaren.

“McLaren saat ini, mereka sangat solid. Mereka kuat di mana-mana, di setiap trek. Saya pikir Anda bisa melihatnya di Barcelona (GP Spanyol), mereka sangat bagus dalam hal manajemen ban,” tuturnya.

“Mereka bisa memberikan tekanan lebih dibandingkan dengan semua orang di grid tanpa benar- benar mengalami penurunan terlalu banyak di pengujung balapan.”  

F1 GP Austria akan berlanjut dengan sprint atau race singkat 24 lap pada Sabtu (29/6/2024). Setelah itu dilanjutkan dengan kualifikasi untuk menentukan posisi start balapan Grand Prix.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat