sveosportu.com

Daftar Pelatih Kepala Tim Liga 1 2024-2025

Liga 1 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Berikut ini daftar pelatih kepala Liga 1 2024-2025 yang akhirnya komplet, seiring dimulainya kompetisi kasta tertinggi di Indonesia musim baru tersebut.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku federasi dan operator kompetisi sudah resmi menetapkan Liga 1 2024-2025 dimulai pada 9 Agustus 2024.

Sebanyak 18 tim peserta Liga 1 2024-2025 pun lekas melakukan persiapan dengan memperkuat skuadnya di bursa transfer hingga menjalani latihan tim.

Tidak lupa memastikan sosok yang menjadi pelatih kepala, yang akhirnya seluruh peserta telah lengkap memutuskan juru taktik yang memimpin tim.

Semula delapan tim sudah memastikan pelatih kepalanya yang dipertahankan dari musim lalu. Tujuh di antaranya merupakan berstatus juru taktik asing.

Yakni tim juara bertahan Persib Bandung, pemuncak klasemen babak reguler musim lalu Borneo FC, Bali United, Dewa United FC, PSIS Semarang, PSM Makassar, Persik Kediri, dan Persebaya Surabaya.

Satu tim lain, mempertahankan pelatih lokal yaitu Barito Putera. Kemudian Persis Solo pun ikut mempertahankan pelatihnya di musim lalu, yang berstatus juru taktik asing.

Sementara itu Arema FC dan Persija Jakarta telah mengumumkan juru taktik anyar, setelah lebih awal mengumumkan berpisah dengan pelatih kepala musim lalu.

Madura United, PSS Sleman, dan Persita Tangerang pun akhirnya menyusul, memakai jasa pelatih baru untuk mengarungi persaingan di Liga 1 2024-2025.

Untuk tiga tim promosi, menariknya meskipun berhasil naik dari kompetisi kasta kedua, sebagian besar dari mereka malah mengganti sosok pelatih kepalanya.

Hanya Malut United yang memastikan mempertahankan juru taktik lokalnya pada Liga 1 2024-2025 setelah berhasil mengangkat tim di Liga 2 2023-2024.

PSBS Biak yang berhasil promosi dengan status juara di kompetisi kasta kedua malah mengganti pelatih kepalanya dari sebelumnya lokal menjadi asing.

Sedangkan untuk Semen Padang FC, juga mendepak pelatih kepalanya musim lalu, namun sosok yang menggantikannya juga merupakan juru taktik lokal.

Daftar Pelatih Kepala Tim Liga 1 2024-2025:

Persib Bandung: Bojan Hodak (Kroasia)
Madura United: Widodo C Putro
Borneo FC: Pieter Huistra (Belanda)
Bali United: Stefano Cugurra (Brasil)
Dewa United FC: Jan Olde Riekerink (Belanda)
PSIS Semarang: Gilbert Agius (Malta)
Persis Solo: Milomir Seslija (Bosnia-Herzegovina)
Persija Jakarta: Carlos Pena (Spanyol)
Persik Kediri: Marcelo Rospide (Brasil)
Barito Putera: Rahmad Darmawan
PSM Makassar: Bernardo Tavares (Portugal)
Persebaya Surabaya: Paul Munster (Irlandia Utara)
PSS Sleman: Wagner Lopes (Jepang)
Persita Tangerang: Fabio Lefundes (Brasil)
Arema FC: Joel Cornelli (Brasil)
PSBS Biak: Juan Esnaider (Argentina)
Semen Padang FC: Hendri Susilo
Malut United: Imran Nahumarury

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat