sveosportu.com

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Thailand dan Malaysia Gugur

kualifikasi piala dunia 2026.jpg

- Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Itu setelah dua tetangga, Thailand dan Malaysia, sama-sama kandas di fase grup putaran kedua.

Thailand, yang tergabung di Grup C, mengalami nasib paling pahit. 

Theerathon Bunmathan dan kawan-kawan berhasil menekuk Singapura 3-1 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Selasa (11/6/2024) malam.

Suphanat Mueanta (37'), Poramet Arjvirai (79'), dan Jaroensak Wonggorn (86') mencatatkan nama di papan skor, sementara Ikhsan Fandi (57') mendulang gol hiburan buat The Lions.

Tapi, itu ternyata tak cukup menggeser Cina di peringkat kedua. Dan, yang lebih menyesakkan, rekor mereka sejatinya identik dengan sang rival - dari poin, jumlah menang, kalah, dan seri, sampai selisih gol.

Pembedanya adalah head to head. Cina mampu menang 2-1 di kandang Thailand, November lalu, sedangkan tim Gajah Perang hanya bisa imbang 1-1 pada pertemuan kedua, Kamis (6/6/2024).

Alhasil, tim asuhan Masatada Ishii harus menyudahi petualangan mereka di babak ini.

Lanjut ke Grup D, Malaysia juga sebenarnya mampu menang 3-1 atas Taiwan pada laga pamungkas di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Safawi Rasid (53'), Paulo Josue (69'), dan Adib Ra'op (90+6') sanggup membalas gol pembuka tim tamu yang dilesakkan Yu Yao-hsing (20').

Namun, mereka tetap tak bisa mengejar selisih gol milik Kirgiztan di peringkat kedua, meskipun koleksi poin setara (10).

Kirgiztan akhirnya menegaskan posisi runner-up usai menahan imbang pemuncak grup Oman, 1-1, beberapa jam kemudian. 

Hanya finis di peringkat ketiga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Thailand dan Malaysia, juga gagal lolos otomatis kePiala Asia 2027. 

Perjuangan mereka akan dilanjutkan Maret tahun depan, yakni pada babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2027.

Vietnam tumbang

Satu lagi wakil ASEAN yang pasti gugur adalah Vietnam. Uniknya, mereka sudah tersingkir sebelum kick-off laga pamungkas di kandang Irak.

Sebab, beberapa jam sebelumnya, Indonesia sukses mengunci slot runner-up Grup F dengan mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Penderitaan Vietnam kian lengkap setelah mereka juga kalah 1-3 dari Irak di Stadion Internasional Basra.

Gol-gol Hussein Ali (12'), Ali Jasim (71'), dan Ayman Hussein (90+2'), cuma bisa dibalas oleh Pham Tuan Hai (84').

Dan, satu lagi tim asal Asia Tenggara adalah Myanmar. Sudah pasti kandas, mereka dibantai 1-4 oleh Korea Utara di laga penutup grup B.

Berikut hasil lengkap wakil ASEAN di laga pamungkas putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Grup B
Korea Utara 4-1 Myanmar

Grup C
Thailand 3-1 Singapura

Grup D
Malaysia 3-1 Taiwan

Grup F
Indonesia 2-0 Filipina
Irak 3-1 Vietnam

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat