sveosportu.com

Kylian Mbappe Dipastikan Absen Lawan Belanda

Kylian Mbappe akan absen lawan Belanda. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Bintang Timnas Prancis, Kylian Mbappe, dipastikan tidak dapat tampil ketika Les Bleus menghadapi Belanda dalam laga kedua fase grup Euro 2024 terkait cedera patah tulang hidung yang dialaminya.

Setelah sejumlah kemungkinan yang muncul sejak cedera itu terjadi, Selasa malam ini dipastikan bahwa kapten Timnas Prancis, Kylian Mbappe akan melewatkan laga lawan Oranje.

Sejumlah pers Prancis, seperti Lequipe mengabarkan bahwa staf di Timnas Prancis menilai terlalu terburu-buru untuk menurunkan Kylian Mbappe tampil dalam laga lawan Belanda yang digelar pada Jumat (21/6/2024) nanti.

Keputusan untuk tidak menurunkan Kylian Mbappe dengan mempertimbangkan bahwa ada trauma dari peristiwa cedera tersebut, lalu waktu yang dibutuhkan untuk membuat topeng pelindung, ditambah dengan watu adaptasi pemain mengenakan pelindung tersebut.

Kylian Mbappe sendiri sebelum pengumuman tersebut berharap dirinya tetap dapat tampil di laga selanjutnya di Euro 2024.

Keinginan tersebut diperlihatkan Kylian Mbappe dalam akun media sosialnya di Twitter. "Des idées de masques?" (ide menggunakan masker?) dengan menyertakan emoji wajah tertawa.

Kylian Mbappe mengalami cedera patah tulang hidung ketika membawa Prancis menang 1-0 atas Austria dalam laga pertama Les Bleus di fase grup Euro 2024, Selasa (18/6/2024) dini hari WIB.

Situasi tersebut memunculkan kemungkinan bahwa Kylian Mbappe tidak dapat tampil lagi untuk Timnas Prancis karena sang pemain akan melakukan operasi untuk mengatasi cedera hidung yang dialaminya tersebut.

Namun demikian, Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) menyatakan bahwa Kylian Mbappe tidak membutuhkan operasi. Kabar ini menjadi berita yang bagus dari situasi yang dialami Kylian Mbappe.

"Kylian Mbappe akan mendapatkan penanganan dalam beberapa hari, tapi dia tidak akan melakukan operasi dalam waktu dekat ini," demikian pernyatan Federasi Sepak Bola Prancis.

"Topeng pelindung akan dibuat untuknya dengan demikian, pemain nomor 10 Prancis ini dapat mempersiapkan dirinya untuk kembali tampil di kompetisi setelah periode penanganannya."

Federasi sepak bola Prancis menyatakan bahwa pembuatan masker untuk Kylian Mbappe sudah dilakukan. Namun demikian, memang tidak disebutkan kapan Kylian Mbappe dapat tampil lagi untuk Timnas Prancis dalam Euro 2024 ini.

Besar kemungkinan, pelatih Didier Deschamps akan menyimpan Kylian Mbappe sepanjang fase grup ini sambil melihat progres atau situasi yang berkembang dari kondisi pemain yang baru saja bergabung dengan Real Madrid tersebut.

Jika itu yang terjadi, maka Kylian Mbappe sudah akan melewatkan laga Timnas Prancis selanjutnya, yaitu menghadapi Timnas Belanda yang akan digelar pada 21 Juni 2024 nanti.

Didier Deschamps memahami bahwa yang terbaik dari situasi ini adalah Kylian Mbappe melewatkan laga sisa fase grup lalu melihat situasinya apakah dapat tampil di 16 besar (jika Prancis lolos).

Didier Deschamps akan memastikan betul-betul sang pemain siap bermain dan tidak membahayakan kondisinya.

Menghadapi Austria, Kylian Mbappe kembali memperlihatkan dirinya merupakan pemain yang berperan dalam permainan timnya.

Kemenangan Prancis atas Austria diraih tidak terlepas dari peran Kylian Mbappe yang melepaskan tendangan umpan silang yang justru ditanduk pemain belakang Austria menjadi gol bunuh diri.

Meski berperan dalam gol kemenangan Prancis, namun Kylian Mbappe dalam kariernya bersama Les Bleus memang belum pernah mencetak gol di turnamen antarnegara Eropa ini.

Sejak tampil di ajang Euro 2020, total 479 menit bermain di Piala Eropa dengan melepaskan 18 tembakan. Namun, tidak satu pun mampu menjadi gol semua upayanya tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat