sveosportu.com

Langkah Borussia Dortmund Menuju Wembley

Pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzicdan dua bintang seniornya, Marco Reus dan Mats Hummels. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

- Langkah Borussia Dortmund ke final Liga Champions 2023-2024 di luar perkiraan.

Tim yang hanya mengakhiri musim di posisi kelima Liga Jerman (Bundesliga), mereka membuat banyak pihak terkejut, khususnya yang tidak menempatkan pasukan Edin Terzic ini bisa ke final.

Publik sepak bola Jerman sempat berharap akan terulang kembali dua klub Bundesliga bertemu di final, Borussia Dortmund vs Bayern Munchen.

Namun, harapan tersebut tidak terjadi karena yang akan dihadapi Borussia Dortmund justru tim pemegang rekor trofi Liga Champions, Real Madrid yang telah mengoleksi 14 gelar di ajang ini.

Bagi Borussia Dortmund, final Liga Champions 2023-2024 yang akan digelar pada Minggu (2/6/2024) dini hari WIB, membuat mereka kembali ke tempat yang sudah tidak asing.

Stadion Wembley, tempat di mana tim ini kalah pada final 2012-2013 lalu saat di bawah asuhan Jurgen Klopp. Borussia Dortmund ketika itu takluk dari Bayern Munchen.

Kini, perjalanan Borussia Dortmund hingga mencapai final Liga Champions 2023-2024 menjadi bukti ketangguhan dan ketajaman taktik yang dimainkan tim ini.

Tim Borussia Dortmund asuhan Edin Terzic mampu melalui sejumlah tantangan yang sangat sulit sejak kali pertama pertandingan musim ini di Liga Champions.

Mereka melewati lawan-lawan yang tangguh, mengatasi tantangan, dengan perpaduan antara ketabahan dan strategi yang mereka miliki.

Tantangan besar memang sudah langsung mereka hadapi ketika Marco Reus dan kawan-kawan masuk dalam grup yang sangat sulit bersama-sama tim seperti Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Newcastle United.

Publik sepak bola kemudian menilai grup tersebut sebagai "grup neraka".

Jika melihat perjalanan Die Borussen sepanjang Liga Champions 2023-2024 ini, ditandai dengan kemenangan yang efesien ketimbang kemenangan dengan penampilan gemilang.

Mereka meraih kemenangan penting melawan Newcastle United dan AC Milan di fase grup, diikuti dengan kemenangan dalam fase knockout yang mengesankan melawan PSV Eindhoven dan kemudian mengalahkan salah satu favorit, Atletico Madrid, di perempat final.

Penampilan mereka tidak hanya sampai di sana karena kemudian mereka kembali meraih kemenangan dengan agregate 2-0 atas Paris Saint-Germain di semifinal. Kemenangan itu memberikan pesan tentang ketangguhan mereka.

Pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzic, dan bintangnya yaitu Jadon Sanco serta Julian Brandt. (Yusuf/).
Pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzic berhasil membawa timnya ke final Liga Champions menghadapi Real Madrid, akhir pekan ini. (Yusuf/).

Meski menghadapi lawan yang tangguh, PSG, faktanya Borussia Dortmund memperlihatkan keteguhan dalam permainan mereka, bertahan dengan pertahanan yang disiplin dan kemudian mencetak gol di waktu yang sangat tepat.

"Rasanya seperti hampir tidak nyata. Kami berhasil melangkah ke final berkat kerja sama tim, ditambah dengan keberuntungan tentu saja," kata Edin Terzic, pelatih asal Jerman berusia 41 tahun, merefleksikan perjalanan timnya sejak awal hingga mencapai final.

"Saya sangat bangga dengan tim saya, staf, dan seluruh yang ada di klub ini, termasuk fans tentunya yang utama," dia menambahkan.

Berikut Ini Perjalanan Borussia Dortmund hingga Berhasil ke Final:

Fase Grup F

18/09/2023 Paris Saint-Germain 2-0 Borussia Dortmund
04/10/2023 Borussia Dortmund 0-0 AC Milan
25/10/2023 Newcastle United 0-1 Borussia Dortmund
07/11/2023 Borussia Dortmund 2-0 Newcastle United
28/11/2023 AC Milan 1-3 Borussia Dortmund
13/12/2023 Borussia Dortmund 1-1 Paris Saint-Germain

Borussia Dortmund berhasil lolos ke 16 besar dengan status juara grup, di posisi pertama klasemen Grup F di atas Paris Saint-Germain.

Dari 6 laga, meraih 3 kemenangan, 2 kali imbang, 1 kali kalah dengan mencetak 7 gol dan kemasukan 4 gol, mengoleksi 11 poin.

16 Besar

20/02/2024 PSV Eindhoven 1-1 Borussia Dortmund
13/03/2024 Borussia Dortmund 2-0 PSV Eindhoven

Donyell Malen yang mencetak gol dalam laga pertama, saat tandang.

Sedangkan di laga kedua, gol cepat Jadon Sancho di menit ke-3 membuka keunggulan, Marco Reus kemudian mencetak gol kedua jelang laga akan berakhir (90+5).

Perempat Final

10/04/2024 Atletico Madrid 2-1 Borussia Dortmund
16/04/2024 Borussia Dortmund 4-2 Atletico Madrid

Di fase perempat final ini, Borussia Dortmund kalah di pertandingan pertama, 1-2. Namun gol Sebastian Haller menjadi sangat berharga.

Pada pertandingan kedua, Borussia Dortmund memanfaatkan laga kandang mereka dengan mencetak empat gol yang diciptakan Julian Brandt, Ian Maatsen, Niclas Fullkrug, dan Marcel Sabitzer.

Semifinal

01/05/2024 Borussia Dortmund 1-0 Paris Saint-Germain
07/05/2024 Paris Saint-Germain 0-1 Borussia Dortmund

Setelah bertemu di fase grup, Dortmund kembali bertemu dengan PSG. Edin Terzic tampaknya sudah tahu bagaimana cara yang tepat menundukkan tim asal Paris tersebut.

Inilah yang dapat disebut dengan strategi bagaimana meraih kemenangan. Hanya satu gol di laga pertama yang diciptakan Niclas Fullkrug. Hasil yang sama juga diraih di kandang PSG lewat gol Mats Hummels.

Cara Dortmund mampu mengatasi PSG di kandang klub asal Prancis tersebut tanpa kemasukan, merupakan sebuah strategi yang luar biasa.

FINAL

01/06/2024 Borussia Dortmund vs Real Madrid

Fans Night: Dortmund VS Madrid kali ini disponsori oleh Gotrade Indonesia, aplikasi pertama di Indonesia yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam saham saham global terutama US dengan mudah dan aman. Terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) serta bekerja sama dengan PT Valbury Asia Futures, Gotrade memberikan pengalaman investasi yang tepercaya.

Buat kamu yang ingin mulai investasi saham global, Gotrade Indonesia adalah
pilihan yang tepat! Jadi, tunggu apa lagi? Mulai investasi saham US bersama Gotrade Indonesia yang tersedia di Play Store, App Store, dan website.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat