sveosportu.com

Latihan 5 Menit Ini Turunkan Bobot ketimbang Jalan 7,4 Km

Salah satu pilihan olahraga ringan dan mudah saat staycation adalah memilih menggunakan tangga saat keluar atau masuk hotel (Hendy Andika/Skor.id).

– Beberapa penelitian mendukung kegiatan berjalan 10.000 langkah sehari (sekitar 7.000 kilometer) untuk menurunkan berat badan. 

Namun, ada olahraga yang hanya membutuhkan sekitar 5 menit sehari dan itu membantu Anda menurunkan berat badan lebih banyak. Yang mana?

Faktanya, berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari bermanfaat bagi kesehatan.

Sebab, itu membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis atau beberapa tumor, dan meningkatkan harapan hidup, serta mencegah risiko kematian dini.

Namun, beberapa ahli menyarankan agar Anda tidak perlu berjalan 10.000 langkah sehari jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan. 

Selain itu, jumlah langkah terbukti juga bergantung pada usia dan kondisi fisik seseorang.

Namun dengan latihan tidak kalah sederhana yang kini akan kami sajikan untuk Anda, Anda tidak hanya akan berkata "Ah, saya akan melakukannya setiap hari".

Melainkan juga memiliki manfaat yang membuat seluruh tubuh bekerja dan membakar kalori lebih cepat. Dan yang terbaiknya, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Apa olahraga yang membantu menurunkan berat badan lebih cepat daripada jalan kaki 10.000 langkah, hanya 5 menit sehari?

Untuk meningkatkan kualitas hidup Anda dan memperpanjang umur, selain menjaga diri dengan makanan, penting bagi Anda untuk tetap aktif. 

Oleh karena itu, melakukan aktivitas seperti jalan kaki selalu bermanfaat karena merupakan salah satu olahraga yang membuat Anda tetap bugar dan menjamin kesehatan jangka panjang.

Namun tampaknya berjalan 10.000 langkah sehari saja tidak cukup bila tujuannya adalah menurunkan berat badan.

Sehingga perlu menambahkan pilihan lain, seperti pergi ke gym, dan terkadang tidak ada waktu atau uang dan kita menundanya untuk melakukannya nanti.

Namun kabar baiknya adalah saat ini ada cara lain untuk berolahraga, yang sederhana dan mudah dilakukan seperti halnya berjalan kaki.

Dan ternyata melipatgandakan manfaat berjalan kaki serta hanya membutuhkan 5 menit sehari. Olahraga apa itu?

Jawabnya adalah naik dan turun tangga, yang akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat daripada berjalan kaki 10.000 langkah tiap hari.

Berapa banyak kalori yang Anda bakar saat naik dan turun tangga?

Tiap kali Anda naik dan turun tangga, Anda melatih tubuh Anda, tetapi pada saat yang sama Anda menurunkan berat badan dalam jangka panjang. 

Anda tidak memerlukan olahraga berjam-jam, karena hanya dengan 5 menit aktivitas dengan intensitas tinggi sudah merupakan cara membakar kalori secara efisien.

Oleh karena itu, naik turun tangga dengan kecepatan tinggi akan mengaktifkan sejumlah besar otot, karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak. 

Dengan kata lain, hanya dengan 5 menit naik dan turun tangga, Anda dapat membakar lebih banyak kalori dibanding aktivitas lain yang tidak terlalu menuntut, seperti berjalan kaki.

Dalam angka, diperkirakan naik turun tangga dengan intensitas tinggi membantu membakar sekitar 50 kalori.

Sedangkan jalan kaki dengan kecepatan yang sama memungkinkan Anda menghabiskan sekitar 30 kalori, karena faktor lain seperti berat badan dan kecepatan spesifik selama latihan juga ikut berperan. 

Manfaat Lain Naik Turun Tangga

Naik turun tangga bukan hanya olahraga yang membantu menurunkan berat badan, namun memberikan manfaat kesehatan lainnya. Inilah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pernapasan

Naik turun tangga secara teratur merupakan olahraga yang baik untuk memperkuat otot jantung dan paru-paru, karena mempercepat detak jantung dan pernapasan, serta meningkatkan sistem peredaran darah. 

Oleh karena itu, aktivitas ini dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi.

2. Menguatkan Otot

Saat menaiki tangga, berbagai otot bekerja, terutama otot bokong dan paha depan.

Sementara saat turun akan menggerakkan kelompok otot ini: paha belakang (terdiri dari pinggul hingga area tepat di bawah lutut), betis, dan punggung bawah.

Oleh karena itu, memperkuat otot dalam jangka panjang juga membantu menurunkan berat badan.

Sebab, otot membakar lebih banyak kalori, bahkan tanpa bergerak, dibandingkan dengan jaringan adiposa.

3. Menguatkan Tulang

Naik turun tangga merupakan olahraga yang ideal untuk memperkuat tulang dan mengurangi risiko hilangnya kepadatan tulang.

Ini sangat membantu dalam mencegah osteoporosis, penyakit yang (banyak) dikhawatirkan oleh wanita berusia di atas 50 tahun.

4. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

Naik turun tangga secara rutin membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, karena itu perlu menjaga kestabilan saat melakukan gerakan. 

Praktik ini mencegah jatuh dan cedera, terutama pada orang lanjut usia.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Saat berolahraga, endorfin disekresikan, protein kecil yang melepaskan otak dan meningkatkan suasana hati, menghasilkan perasaan sejahtera emosional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat