sveosportu.com

Lawan Panama, Indra Sjafri Bakal Rotasi Banyak Pemain

Indra Sjafri.

- Timnas U-20 Indonesia langsung menatap laga kedua mereka di Grup B Turnamen Maurice Revello (Turnamen Toulon) 2024. 

Seperti diketahui, pada laga perdana, Timnas U-20 Indonesia harus mengakui keunggulan Ukraina U-23 dengan skor 0-3, Selasa (4/6/2024).

Pada laga kedua, Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan bakal menghadapi Panama U-23. Laga tersebut akan digelar di Stade de Lattre de Tassigny, Prancis, Kamis (6/6/2024) malam WIB.

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, mengakui timnya gagal meredam kekuatan Ukraina U-23. Meski begitu, dia juga tidak ingin melepaskan peluang memberikan kesempatan bermain kepada seluruh pemain yang dibawanya pada ajang ini. Ada 26 pemain yang memang terdaftar untuk mengikuti Turnamen Toulon 2024. Lima di antaranya merupakan para pemain keturunan yang berkiprah di klub Eropa.

Maka itu, pelatih yang membawa Timnas U-23 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 ini mengisyaratkan bakal melakukan perombakan besar di laga kedua nanti. 

"Kami memiliki tim termuda di turnamen, kami hanya memiliki pemain berusia 17-18 tahun. Kami ingin menawarkan mereka pengalaman untuk kejuaraan U-20. Kami juga memiliki lima pemain baru yang baru saja bergabung dengan kami kurang dari 5 hari yang lalu. Sebelum itu mereka belum pernah berlatih dengan kami. Di babak kedua, kami gagal keluar tekanan,” kata Indra Sjafri, seperti dikutip laman resmi turnamen.

“Di pertandingan berikutnya, kami akan membuat banyak perubahan karena kami ingin melihat semua pemain kami. Saya sangat berterima kasih kepada para pendukung yang datang, mereka ada di setiap pertandingan,” Indra Sjafri menambahkan.

Sementara itu, kapten Timnas U-20 Indonesia, Dony Tri Pamungkas, menuturkan tidak puas dengan performa yang ditampilkannya saat menghadapi Ukraina U-23.

"Saya tidak puas dengan hasilnya tapi kita harus belajar dari pertandingan. Ini kedua kalinya saya datang ke Prancis tetapi ini pertama kalinya saya berada di sini, saya sangat senang bermain di turnamen ini, saya merasa baik,” ujar Dony Tri Pamungkas.

“Saya berterima kasih kepada semua pendukung yang telah datang, saya berjanji kepada mereka bahwa kami akan memberikan yang terbaik dari diri kami sendiri di pertandingan berikutnya," bek Persija Jakarta itu menuturkan.

Pada lain pihak, asisten pelatih Ukraina U-23, Kravchenko Sergiy menuturkan timnya menjalani pertandingan yang bagus menghadapi Indonesia U-20.

“Ini hasil yang bagus dengan sikap yang benar dari tim. Pertandingan ini sangat penting karena lusa kami menghadapi Italia, tim yang sangat bagus. Melawan Italia kami akan mengubah 11 pemain pertama karena jaraknya hanya dua hari, semua pemain akan bermain,” kata Kravchenko Sergiy.

Kemenangan ini membuat Ukraina U-23 sementara memuncaki klasemen Grup B dengan tiga poin. Sedangkan Timnas U-20 Indonesia menempati posisi juru kunci dengan tanpa poin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat