sveosportu.com

Hamilton Tanggapi Rumor Akuisisi Gresini, Marquez pun Bicara

Lewis Hamilton dan Marc Marquez

– Baru-baru ini Lewis Hamilton dikabarkan tertarik untuk membeli Gresini Racing. Sang juara dunia tujuh kali Formula 1 pun angkat bicara terkait rumor dirinya akan mengakuisisi tim balap MotoGP tersebut. 

Itu disampaikannya selama jumpa pers F1 Grand Prix Inggris di Silverstone, Kamis (4/7/2024). Sebelumnya, The Race melaporkan Hamilton tengah dalam negosiasi untuk mengambil alih kepemilikan Gresini.  

Meski berprofesi sebagai pilot jet darat F1, Lewis Hamilton mengaku sangat menyukai balapan roda dua, termasuk MotoGP. Namun, ia belum punya rencana untuk memiliki sebuah tim dalam waktu dekat.

“Saya selalu menyukai MotoGP. Saya tertarik dengan potensi dan pertumbuhan olahraga ini. Tetapi saya belum melihat sejauh itu (untuk punya tim balap). Namun, segala sesuatu mungkin terjadi,” kata Hamilton.

Hamilton saat ini tercatat sebagai salah satu pemilik Denver Broncos bergabung bersama Walton-Penner Family Ownership Group. Ia telah berada dalam struktur klub NFL tersebut sejak 2022. 

“Saya jelas tertarik pada ekuitas. The Broncos  adalah langkah pertama memasuki dunia kepemilikan tim. Dalam lima hingga 10 tahun ke depan, semoga akan ada lebih banyak lagi. Kita lihat saja nanti di mana.”

Kabar mengenai Lewis Hamilton ingin mengakuisisi Gresini Racing juga mendapatkan tanggapan dari para rider MotoGP, termasuk juara dunia delapan kali Marc Marquez, yang diketahui berteman dengan pembalap asal Inggris itu.

Tentu akan menjadi hal bagus bagi MotoGP jika Hamilton meramaikan grid sebagai pemilik tim, mengingat pilot Mercedes itu adalah ikon global, bukan cuma karena kesuksesan di F1 namun juga di luar trek.

“Jika memang benar, karena Anda tidak pernah tahu, itu bagus untuk olahraga kami. Bahkan kalaupun itu sekadar rumor, juga tetap bagus untuk olahraga ini,” ujar Marquez jelang MotoGP Jerman di Sachsenring.

MotoGP membutuhkan orang-orang untuk membicarakannya. Mungkin saya akan berpikir untuk membeli tim F1, (tapi) saya tidak punya cukup uang,” tambah pembalap Gresini itu sembari tertawa.

Hal senada dilontarkan oleh bintang Pramac Racing Jorge Martin. Menurut pemimpin klasemen sementara musim 2024 tersebut, berita-berita seperti ini bisa membuat banyak orang makin tertarik dengan MotoGP.

“Saya melihatnya dan itu menarik. Namun mereka selalu berbicara di media dan kemudian tidak terjadi apa-apa. Ini informasi yang baru dan jika benar terjadi tentunya akan menarik,” tutur Martinator.

“Saya pikir tahun-tahun mendatang akan sangat menarik untuk MotoGP dan jika seseorang seperti Hamilton, yang adalah sosok ikonik, ingin membeli tim di MotoGP, itu karena ada sesuatu yang berubah.”  

Seperti diketahui, F1 dan MotoGP bakal berada di bawah payung yang sama mulai 2025 usai Liberty Media resmi mengambil alih kepemilikan kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi itu dari Dorna Sports.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat