sveosportu.com

Shin Tae-yong Tanggapi Liga 1 2024-2024 Pakai 8 Pemain Asing

Cover STY

- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong turut menanggapi soal regulasi baru terkait pemain asing yang akan diterapkan di Liga 1 2024-2025.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah memastikan mengenai perubahan regulasi kuota pemain asing pada Liga 1 2024-2025.

Yakni terjadi penambahan jumlah pemain asing yang diperbolehkan untuk setiap tim peserta, dari sebelumnya enam pemain menjadi delapan pemain.

Jika musim lalu klub boleh memiliki lima pemain asing negara bebas plus satu satu ASEAN, kini detailnya jadi enam pemain asing bebas dan dua Asia.

Meski terjadi penambahan untuk Liga 1 2024-2025, yang boleh berlaga atau ada di lapangan tetap hanya enam seperti sebelumnya yakni lima plus satu.

Sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun turut mengomentari penambahan kuota pemain asing pada kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tersebut.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyadari Indonesia harus mengikuti perkembangan yang ada. Namun ia mengingatkan untuk tak melupakan pembinaan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong setelah memberikan keterangan pers usai laga uji coba lawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, 2 Juni 2024. (Firas Naufal/)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong setelah memberikan keterangan pers usai laga uji coba lawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, 2 Juni 2024. (Firas Naufal/)

"Untuk pemain asing jadi delapan, memang tren dari AFC memang seperti itu dan di Asia juga seperti itu. Jadi mau tidak mau kita harus terima," ucapnya, Minggu (2/6/2024) malam.

"Yang penting pembinaan usia dini. Itu yang penting dan harus diperkuat agar pemain lokal tak kalah saing dengan pemain asing dan juga pemain lainnya," Shin Tae-yong menjelaskan.

Adapun pada regulasi pemain di Liga 1 2024-2025, juga ada yang berkaitan dengan pemain muda lokal, yang melanjutkan aturan pada musim sebelumnya.

Yakni setiap tim peserta diharuskan memainkan setidaknya satu pemain maksimal usia 23 tahun (U-23) di starting eleven dan tampil minimal selama 45 menit.

Sementara itu meski sering "diserang" dengan anggapan tidak melirik pemain di kompetisi lokal kecuali yang sudah langganan dipanggil, Shin Tae-yong tak demikian.

Ia baru saja mematahkannya dengan memanggil Malik Risaldi, yang menjadi bukti bahwa dirinya turut memantau dan terbuka pada pemain di Liga Indonesia.

Seperti diketahui, penyerang berusia 27 tahun itu sedang naik daun pada Liga 1 2023-2024 bersama Madura United yang melaju hingga final Championship Series.

Malik Risaldi yang tampil pada 36 pertandingan di sepanjang musim menciptakan 13 gol (plus empat assist) dan jadi pemain lokal tersubur di Liga 1 2023-2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat