sveosportu.com

AS Roma dan Leverkusen Bertemu Lagi di Semifinal Liga Europa

Semifinal Liga Europa 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Berikut ini head to head atau rekor pertemuan dari para semifinalis Liga Europa 2023-2024.

Liga Europa 2023-2024 telah sampai ke semifinal. Empat klub berhasil lolos ke fase ini, mereka adalah AS Roma (Italia) yang merupakan finalis musim lalu, lalu Bayer Leverkusen (Jerman), Atalanta (Italia), dan Marseille (Prancis).

AS Roma berhasil melangkah ke semifinal setelah menyingkirkan AC Milan, sementara Bayer Leverkusen lolos dengan aggregate 3-1 atas klub asal Inggris, West Ham United.

Sukses Bayer Leverkusen ini juga menandai tidak ada wakil asal Inggris di dua ajang besar UEFA, Liga Champions dan Liga Europa.

Sedangkan Atalanta secara mengejutkan mampu menyingkirkan Liverpool yang juga tim besar asal Inggris. Dan, terakhir Marseille lolos setelah menyingkirkan tim asal Portugal, Benfica, lewat adu penalti di laga kedua.

Sesuai dengan hasil undian, dalam semifinal nanti Bayer Leverkusen akan bertemu dengan AS Roma sedangkan Atalanta lawan Marseille.

Laga semifinal nanti akan digelar dalam dua pertandingan kandang dan tandang. Marseille akan menjadi tuan rumah menjamu Atalanta pada semifinal pertama yang digelar 2 Mei 2024.

Pada waktu yang sama AS Roma juga akan menjadi tuan rumah pertama menghadapi Bayer Leverkusen. Keduanya akan menghadapi laga tandang di pertandingan semifinal kedua yang akan digelar pada 9 Mei 2024.

Di antara keempat semifinalis tersebut, Bayer Leverkusen salah satu kontestan yang menarik perhatian karena potensi mereka meraih tiga gelar dalam satu musim ini.

Seperti diketahui, Bayer Leverkusen telah memastikan gelar Liga Jerman 2023-2024 ini (Bundesliga) pada pekan lalu.

Liga Europa musim ini akan menjadi trofi kedua Bayer Leverkusen jika mereka mampu melangkah ke final.

Jika berhasil menyingkirkan AS Roma, tim asuhan Xabi Alonso akan menghadapi pemenang semifinal antara Marseille vs Atalanta dalam final yang akan digelar pada 22 Mei 2024 nanti.

Setelah itu, Bayer Leverkusen akan tampil di final Piala Jerman pada 25 Mei 2024 menghadapi Kaiserslautern.

Ini akan menjadi musim yang indah tentunya bagi Bayer Leverkusen jika mereka mampu meraih dua gelar tersebut. Namun, untuk mewujudkannya tentu akan sangat sulit.

Mereka harus lebih dulu menyingkirkan AS Roma. Di bawah asuhan Daniele De Rossi, AS Roma dalam grafik yang bagus performanya.

Klub Liga Italia lainnya, Atalanta, akan mencoba melanjutkan kejutan mereka di ajang Liga Europa 2023-2024 ini dengan menghadapi Marseille.

La Dea ditantang klub asal Prancis tersebut. Sosok Piere-Emerick Aubameyang akan menjadi ancaman bagi pertahanan Atalanta.

Pierre-Emerick Aubameyang merupakan pencetak gol terbanyak sementara Liga Europa 2023-2024 ini.

Bintang asal Togo tersebut total telah mengoleksi 10 gol di Liga Europa musim ini. Jumlah tersebut membuatnya mengoleksi 34 gol total di ajang ini, melewati rekor gol sebelumnya yang dipegang Radamel Falcao (30 gol).

AS Roma vs Bayer Leverkusen

Kali terakhir kedua tim bertemu justu musim lalu (2023-2024) juga di semifinal. Dalam pertandingan tersebut, AS Roma berhasil lolos ke semifinal.

I Giallorossi menang 1-0 di pertemuan pertama semifinal 2022-2023 lalu imbang 0-0 pada pertemuan kedua semifinal.

6 Laga

2 AS Roma menang
1 Bayer Leverkusen menang
3 Imbang

Marseille vs Atalanta

Marseille dan Atalanta belum pernah bertemu, ini akan menjadi duel pertama di antara keduanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat