sveosportu.com

Daftar Tim Liga Italia di Kompetisi Eropa Musim Depan

Napoli, Inter, AC Milan, Juventus, dan Roma diyakini akan bersaing ketat di Liga Italia 2023-2024. (Hendy Andika/Skor.id)

- Kompetisi Liga Italia (Serie A) musim 2023-2024 telah berakhir, setelah digelarnya pertandingan giornata ke-38, atau laga terakhir musim ini.

Meski Atalanta bisa naik ke posisi tiga klasemen jika mengalahkan Fiorentina di sisa pertandingan tunda, tetapi hasil itu tidak akan mengubah posisi mereka di perebutan tiket kompetisi Eropa musim depan.

Saat ini Atalanta telah memastikan tiket ke Liga Champions musim depan, berkat kemenangan 3-0 atas Torino yang membuat mereka kini duduk di peringkat keempat klasemen dengan 69 poin dari 37 laga, dua angka di belakang Juventus (71 poin, 38 laga).

Sedangkan Fiorentina ada di peringkat ke delapan dengan raihan 57 poin, hasil dari 37 pertandingan di Liga Italia musim ini.

Seperti yang telah diketahui, Inter Milan sukses mengamankan gelar juara Liga Italia setelah tampil perkasa sepanjang musim 2023-2024.

Inter Milan mengoleksi 94 poin di klasmen akhir Liga Italia dari 38 pertandingan, unggul 19 poin dari AC Milan yang ada di peringkat kedua dengan 75 poin.

Juventus mengikuti di peringkat ketiga dengan 71 poin, lalu Atalanta di posisi empat dengan 69 poin, dan Bologna yang kalah 0-2 dari Genoa harus turun ke posisi lima.

Napoli yang musim lalu menjadi juara, harus terlempar ke peringkat 10 klasemen akhir dengan koleksi 53 poin, karena kalah head to head dari Torino.

Selain tim-tim di posisi atas, ada tiga tim yang terdegradasi di akhir musim ini, yaitu Frosinone, Sassuolo, dan Salernitana.

Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi, merayakan gelar Liga Italia 2023-2024. (Yusuf/).
Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi, bersama-sama premain merayakan gelar dalam parade pada Minggu (28/4/2024) setelah laga lawan Torino. (Yusuf/).

Selain persaingan juara dan tim yang terdegradasi, daftar tim yang berhasil merengkut tiket ke kompetisi Eropa juga menarik untuk dinantikan.

Berikut ini daftar tim Liga Italia yang berhasil mengamankan tiket ke kompetisi Eropa musim 2024-2025.

Liga Champions

Liga Italia sebenarnya berpeluang mengirimkan enam wakil ke Liga Champions 2024-2025, tetapi kemenangan Atalanta membuat mereka hanya akan mengirimkan lima wakil.

Pada kompetisi Liga Champions 2024-2025, Italia mendapat lima tiket lolos karena mereka memiliki poin koefisien UEFA tertinggi dibanding liga lain di Eropa.

Artinya peringkat 1 sampai 5 di klasemen akhir Liga Italia akan mendapat tiket lolos otomatis ke Liga Champions musim depan.

Kemenangan Atalanta membuat mereka meastikan finis di posisi empat besar klasemen akhir Liga Italia, sedangkan mereka juga merupakan juara Liga Europa yang mendapat tempat khusus di Liga Champions 2024-2025.

Artinya hanya Inter Milan, AC Milan, Juventus, Atalanta, dan Bologna yang akan berkompetisi di Liga Champions musim depan.

Jika Atalanta finis di luar posisi empat besar, maka AS Roma yang berada di posisi keenam bagai mendapat durian runtuh, karena mendapat tiket otomatis lolos ke Liga Champions 2024-2025.

Liga Europa

Sementara ini, Liga Italia akan diwakili oleh AS Roma dan Lazio, dua tim yang berasal dari ibu kota negeri menara Pisa itu.

AS Roma finis di posisi keenam dengan 63 poin, mereka yang tersingkir di semifinal Liga Europa musim ini sebenarnya berpeluang lolos ke Liga Champions.

Namun, kemenangan Atalanta yang memastikan aman di posisi empat besar klasemen akhir Liga Italia membuat I Giallorossi harus puas berpartisipasi di Liga Europa musim depan.

Dalam persaingan di kompetisi Eropa musim depan, Lazio sukses finis di peringkat ketujuh dengan koleksi 61 poin dari 38 pertandingan.

Satu wakil Italia masih berpeluang tampil di Liga Europa musim depan, yaitu Fiorentina.

Namun, syaratnya adalah Fiorentina harus menang atas Olympiakos pada pertandingan final Conference League, jika menang maka otomatis akan mendapat tiket ke Liga Europa musim depan.

Europa Conference League

Fiorentina yang sekarang duduk di posisi kedelapan klasemen, saat ini menjadi satu-satunya tim Liga Italia yang lolos ke Europa Conference League musim depan.

Pada laga final Conference League 2023-2024 Fiorentina kalah 0-1 dari Olimpiakos di laga final yang digelar di OPAP Arena, Athena, Kamis (30/5/2024) pukul 02.00 dini hari WIB.

Fiorentina pun gagal mendapat jatah tiket lolos ke Liga Europa akibat kegagalan beruntun di final Conference League ini, setelah musim lalu kalah dari West Ham.

Jika berhasil menang melawan Olympiakos, Fiorentina akan tampil di Liga Europa musim depan, dan Torino mendapat tiket ke Conference League.

Torino saat ini berada di peringkat kesembilan dengan koleksi 53 poin, sama dengan koleksi juara musim lalu, Napoli, tetapi mereka unggul head to head.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat