sveosportu.com

Lionel Messi Isyaratkan Pensiun dari Copa America

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Lionel Messi mengaku menikmati tiap pertandingan yang disebutnya sebagai rangkaian “pertarungan terakhirnya” di Copa America 2024 Amerika Serikat bersama Timnas Argentina.

Pemain 37 tahun itu mengatakan hal tersebut usai mencetak gol dalam kemenangan 2-0 atas Kanada pada semifinal Rabu (10/7/2024) pagi WIB, sekaligus memastikan tempat di final Copa America 2024.

Setelah penampilan buruknya melawan Ekuador pada perempat final, Messi kembali fokus.

Ia tampil kompak dengan Angel Di Maria dan rekannya di lini depan, Julian Alvarez, yang juga mencetak gol.

 “Saya menjalani laga ini seperti saya menjalaninya di Copa America terakhir, atau di Piala Dunia terakhir,” ujar Messi usai pertandingan, dilansir dari TyC Sports.

“Ini adalah pertarungan terakhir dan saya menikmatinya secara maksimal,” Messi menambahkan.

Bisa jadi Copa America 2024 merupakan penampilan terakhirnya dalam turnamen antarnegara di Benua Amerika itu.

Tapi Messi, yang kini bermain bersama Inter Miami di Major League Soccer, belum menunjukkan apakah ia akan terus bermain bersama Argentina di Piala Dunia 2026.

Kebetulan final Piala Dunia 2026 juga akan digelar di New Jersey, Amerika Serikat.

Ketika ditanya tentang komentar “pertempuran terakhir” Messi, pelatih Argentina Lionel Scaloni memberikan tanggapannya.

"Semua tergantung Messi sendiri, kami tahu bahwa kami tidak akan menutup pintu terhadap Messi,” kata Scaloni.

“Messi bisa bermain bersama Argentina selama dia mau, bahkan ketika dia pensiun (tetap bisa). Biarkan dia memutuskan apa yang dia inginkan," Scaloni menambahkan.

Lionel Messi memiliki peluang memenangkan gelar besar ketiga berturut-turut bersama tim nasionalnya, menyusul sukses Tim Tango di Piala Dunia 2022 dan Copa America 2021.

Pemenang Ballon d'Or delapan kali itu merujuk pada rekan setimnya yang veteran, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi.

Messi mengatakan bahwa kesuksesan tersebut merupakan validasi atas tahun-tahun sulit dan tandus yang dialami tim La Albiceleste.

“Sebenarnya sungguh gila apa yang dilakukan tim ini (Argentina), karena bagaimanapun ini memberi nilai kepada semua (turnamen) yang pernah saya dan generasi tua ikuti,” kata Messi.

“Tidak mudah bagi kami untuk kembali ke final dan kembali bersaing menjadi juara,” ia menambahkan usai kemenangan di MetLife Stadium.

Meskipun Argentina mencapai final dengan cukup nyaman melawan Kanada, mantan bintang Barcelona itu mengatakan sejauh ini Copa America 2024 merupakan ujian yang berat.

“Ini adalah Copa America yang sulit, seimbang, dengan lapangan yang sangat buruk,” ujar Messi.

“Ditambah dengan suhu tinggi, tim-tim yang sangat tangguh, dan bagi kami kembali ke final adalah sesuatu yang dapat dinikmati,” ujarnya.

Sedangkan kiper Emiliano Martinez mengatakan, meski menjadi juara dunia, kegembiraan mencapai final tetap sama menyenangkannya seperti biasanya.

“Suatu kebanggaan bagi seorang Argentina, sebagai wakil timnas ini, bisa kembali bermain di final. Rasanya baru pertama kali,” ujar Martinez.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat