sveosportu.com

Fajar/Rian Jaga Asa Juara Indonesia di Singapore Open 2024

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pebulu tangkis ganda putra Indonesia. (Abdul Rohim/Skor.id)

- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi satu-satunya wakil Indonesia yang mampu menembus partai final ajang Singapore Open 2024.

Hal itu terjadi usai Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangi laga semifinal yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium pada Sabtu (1/6/2024).

Menghadapi Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark), ganda putra andalan Indonesia butuh Waktu 58 menit untuk menang 21-11, 16-21, 21-12.

Fajar Alfian pun mengaku senang bisa kembali tampil di partai final setelah menjuarai All England 2024 pada pertengahan Maret lalu.

Apalagi performanya bersama Muhammad Rian Ardianto sempat jadi sorotan usai terhenti di perempat final Kejuaraan Asia 2024 dan tampil tak maksimal di Thomas Cup 2024.

“Senang bisa kembali ke final. Semua pemain pasti mau hasil yang terbaik di setiap turnamen tetapi memang tidak mudah, banyak gejolak dari proses itu,” katanya.

Sementara itu, Muhammad Rian Ardianto mengaku menikmati pertandingan meski menghadapi lawan yang tengah on fire usai jadi juara Malaysia Masters 2024 pekan lalu.

“Lawan baru saja juara di Malaysia Masters pekan lalu, tadi juga mereka tampil percaya diri,” pria kelahiran Bantul itu menjelaskan. 

“Kami menikmati dan fokus satu poin demi satu poin, bermain tenang dan juga mengontrol.”

“Pasti melelahkan pekan lalu main sampai hari akhir dan pekan ini mereka sampai semifinal,” komentar Fajar terkait performa Astrup/Rasmussen.

“Tadi juga bermain rubber game. Beruntung kami tidak terpancing permainan mereka di gim ketiga.”

Pada laga besok, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal bertemu He Ji Ting/Ren Xiang Yu (Cina) yang berstatus non-unggulan karena duduk di peringkat 10 dunia.

Final Singapore Open 2024 bakal jadi pertemuan pertama antara dua pasang ganda putra top 10 dunia tersebut.

Meski unggul peringkat dunia, Rian yang saat ini menduduki ranking tujuh BWF bersama Fajar akan tetap mewaspadai potensi ancaman dari lawan.

“Besok akan menjadi pertemuan pertama kami setelah He Ji Ting/Ren Xiang Yu berpasangan (sejak Oktober 2023),” kata Rian. 

“Kalau dengan pasangan masing-masingnya dulu (He Ji Ting dengan Zhou Hao Dong sedangkan Ren Xiang Yu bersama Tan Qiang), kami sudah sering bertemu.” 

“Jadi, secara individu kami sudah sama-sama tahu. Kami akan pelajari video pertandingan mereka dan menyiapkan strategi,” Rian memungkasi pernyataannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat