sveosportu.com

Madrid Open 2024: Comeback, Elena Rybakina ke Semifinal

Elena Rybakina

Elena Rybakina lolos ke semifinal Madrid Open 2024 setelah mampu bangkit dari ketertinggalan satu set untuk mengalahkan kompatriotnya, Yulia Putintseva, 4-6, 7-6 (7-4), 7-5.

Ini menjadi kali pertama petenis tunggal putri asal Kazakhstan itu melaju ke babak empat besar turnamen lapangan tanah liat WTA 1000 yang berlangsung di Caja Magica, Madrid, Spanyol, tersebut.

Pencapaian terbaik Rybakina sebelumnya di Madrid Open adalah babak 16 besar pada edisi 2022. Kala itu langkah unggulan keempat dihentikan oleh petenis Swiss Jil Teichmann, 3-6, 1-6. 

Hasil positif atas Putintseva dalam partai perempat final, Rabu (1/5/2024) malam, memperpanjang rekor kemenangan Elena Rybakina di lapangan tanah liat menjadi 16 laga berturut-turut.

Ia kini berstatus petenis putri dengan catatan kemenangan terpanjang ketiga di lapangan tanah liat dalam 10 tahun terakhir. Hanya Serena Williams dan juga Iga Swiatek yang memiliki rapor lebih baik.      

Williams pernah membukukan 20 kemenangan secara berturut-turut pada periode 2015-2016. Sedangkan Swiatek tercatat 18 kali beruntun mengalahkan lawan-lawannya di lapangan tanah liat sepanjang 2018.

Menghadapi Yulia Putintseva, Rybakina mesti bekerja keras. Permainan nyaris sempurna yang ditunjukkan sang rival membuatnya tertekan sehingga kehilangan set pertama. 

Namun, Rybakina kembali menemukan ketenangan yang menjadi ciri khasnya untuk merebut set kedua lewat tie break serta menyelamatkan dua match point dalam kedudukan 2-5 pada set ketiga atau penentu.      

“Itu (pertandingan) sangat sulit. Saya tahu tidak akan mudah. Saya berharap bisa memulainya dengan lebih baik, tidak mudah untuk selalu bangkit,” ujar Rybakina usai bertanding 2 jam 48 menit versus Putintseva. 

“Pada kedudukan 2-5, saya sudah meninggalkan emosi dan frustrasi dan hanya terus bermain. Momentum lalu berubah. Yulia mulai tidak sabar dan beberapa kesalahannya membantu saya. Saya sangat senang.”    

Pada semifinal Madrid Open 2024, Elena Rybakina akan bertemu pemenang antara unggulan kedua Aryna Sabalenka dan bintang muda Mirra Andreeva, yang diadwalkan bermain Kamis (2/5/2024) dini hari WIB.

“Kita lihat siapa yang menang nanti. Jika Aryna, dia adalah seorang juara yang hebat. Bila Mirra, dia masih muda dan tidak punya beban. Pemain seperti ini sangat berbahaya,” kata Rybakina menilai calon lawannya. 

“Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi. Saya akan menantikan pertandingan selanjutnya. Tapi sebelum itu mudah-mudahan (kondisi) saya bisa pulih,” pungkas sang juara Grand Slam Wimbledon 2022.      

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat