sveosportu.com

Madrid Open 2024: Andrey Rublev Putus Rekor Carlos Alcaraz

Petenis Rusia Andrey Rublev

Andrey Rublev meraih kemenangan terbesarnya musim ini di Madrid Open 2024. Petenis Rusia ini sukses memutus rekor juara bertahan Carlos Alcaraz pada babak perempat final. 

Rublev, yang merupakan unggulan ketujuh, mengubur harapan Alcaraz untuk meraih gelar tunggal putra Madrid Open untuk tiga musim berturut-turut.

Ia juga mampu memutus rekor 14 kemenangan berturut-turut bintang tenis Spanyol di Madrid Open. Ini juga menandai kali pertama Rublev menembus babak empat besar turnamen ATP Masters 1000 tersebut.    

Pada laga di Manolo Santana Stadium, Caja Magica, Rabu (1/5/2024) malam, Andrey Rublev memenangi pertarungan tiga set melawan jagoan tuan rumah Carlos Alcaraz, 4-6, 6-3, 6-2, dalam waktu 121 menit. 

Rublev tampil solid, terutama setelah kehilangan set pertama. Pukulan-pukulan kerasnya terbukti efektif menyulitkan Alcaraz di set kedua dan juga tiga.

“Saya merasa servis saya banyak menyelamatkan saya. Kuncinya mungkin karena saya benar-benar tenang sepanjang pertandingan. Saya tidak bicara sedikit pun, bahkan ketika saya kalah,” kata Rublev. 

“Itu kuncinya dan saya melakukan servis lebih baik lagi menjelang akhir. Awalnya, servis saya kurang. Tapi setelah set pertama, saya melakukannya lebih baik dan menyelesaikannya dengan sangat baik.”       

Selanjutnya pada semifinal Madrid Open 2024, Andrey Rublev akan bertemu Taylor Fritz. Unggulan ke-12 asal Amerika Serikat itu lolos usai menang atas Francisco Cerundolo dari Argentina, 6-1, 3-6, 6-3.

Bagi Carlos Alcaraz, kekalahan dari Rublev jelas mengecewakan. Terlebih peluang untuk menjadi petenis pertama yang menjadi juara tiga kali beruntun Madrid Open gagal terwujud. 

Pun demikian, ia mengakui bahwa sang rival layak menang karena bermain lebih baik, khususnya pada set kedua dan ketiga. Alcaraz berjanji akan bangkit pada turnamen selanjutnya, Italian Open, pekan depan. 

“Menurut saya permainannya (Rublev) impresif. Servisnya luar biasa. Saya sangat kesulitan mematahkan servisnya. Saya kira itu adalah kuncinya, yang menjadi pembeda dalam pertandingan,” ujar Alcaraz. 

“Sekarang saya meninggalkan Madrid dengan perasaan yang baik, namun saya harus melakukan pekerjaan dengan baik. Saya rasa saya akan baik-baik saja untuk bermain di Roma (Italian Open 2024),” pungkasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat