sveosportu.com

Profil Majed Al-Shamrani, Wasit Indonesia U-23 vs Australia

wasit majed al-shamrani

- Jelang duel Timnas U-23 Indonesia versus Australia U-23 di Piala Asia U-23 2024, sorotan akan kembali tertuju kepada sang pengadil.

Laga Grup A Piala Asia U-23 Indonesia U-23 vs Australia U23 akan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (18/4/2024) sore waktu setempat atau pukul 20.00 WIB malam.

Ini akan menjadi momen hidup-mati bagi Garuda Muda setelah tumbang 0-2 pada laga pembuka melawan tuan rumah Qatar, Senin lalu.

Kekalahan dari Qatar U-23 terasa menyakitkan karena Timnas U-23 Indonesia menjadi korban sederet keputusan kontroversial dari wasit Nasrullo Kabirov, termasuk penalti dan dua kartu merah.

Itulah mengapa sosok wasit akan menjadi perhatian para penggemar dalam dua laga berikutnya.

Lalu, siapa pengadil untuk pertandingan Indonesia U-23 kontra Australia U-23? Dia adalah Majed Mohammed Al-Shamrani, wasit asal Arab Saudi.

Majed Al-Shamrani akan didampingi dua kompatriotnya sebagai asisten, yakni Hesham Mohammed Al-Refaei dan Omar Ali Al-Jamal.

Pengadil dari Arab Saudi juga bertanggung jawab di ruangan VAR, yakni Abdullah Dhafer Al-Shehri, dibantu oleh Mohammed Obaid Khadim (Uni Emirat Arab).

Adapun wasit keempat berasal dari Lebanon, atas nama Hussein Abo Yehia.

Seperti Nasrullo Kabirov, Majed Al-Shamrani ternyata bukan wajah asing bagi Timnas Indonesia, terutama kelompok umur.

Paling diingat, dia pernah memimpin final SEA Games 2019 antara Timnas U-23 Indonesia melawan Vietnam U-23 di Stadion Rizal Memorial, Filipina.

Garuda Muda kalah telak 0-3, dan insiden kontroversial terjadi. Pada menit ke-19, gelandang Indonesia, Evan Dimas, dihajar keras oleh bek Vietnam, Doan Van Hau, tapi Majed Al-Shamrani sama sekali tidak memberi hukuman.

Akibat insiden tersebut, Evan Dimas mengalami cedera parah dan disinyalir sebagai penyebab kemunduran kariernya hingga kini.

Selain itu, Majed Al-Shamrani juga pernah memimpin dua laga Timnas U-20 Indonesia di Piala Asia U-20 2023, Maret tahun lalu.

Para suporter Garuda tentu berharap sejarah kurang mengenakkan bersama Majed Al-Shamrani tak mempengaruhi kepemimpinannya saat laga Indonesia U-23 versus Australia U-23.

Tim asuhan Shin Tae-yong butuh hasil positif untuk menjaga asa dan mencapai target minimal lolos dari fase grup.

Jika kalah dari Australia, hampir bisa dipastikan harapan itu musnah. Apalagi jika Qatar juga menang atas Yordania, beberapa jam setelahnya.

Timnas U-23 Indonesia saat ini berada di dasar klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024, tanpa poin.

Mereka juga harus kehilangan Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta (kartu merah) saat menantang Australia U-23.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat