sveosportu.com

Malaysia Masters 2024: Rinov/Pitha Jaga Asa Juara

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

– Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjaga asa Indonesia untuk merebut gelar juara dari turnamen bulu tangkis Malaysia Masters 2024.

Satu-satunya wakil Merah Putih yang tersisa di semifinal itu melaju ke partai puncak usai mengalahkan unggulan kedua asal Denmark, Mathias Christiansen/Alexander Boje.

Bermain di Axiata Arena, Kuala Lumpur pada Sabtu (25/5/2024), Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menang 26-24, 14-21, 21-18.

“Bersyukur bisa menang dan ke final. Ini final kedua kami di Malaysia. Kami tidak mau puas sampai di sini saja, kami ingin tampil lebih bagus lagi di final besok,” ujar Rinov.

Usai memenangi duel ketat pada gim pertama, Rinov/Pitha justru balik tertekan dan banyak melakukan kesalahan sendiri pada gim kedua lantaran lawan mengubah pola.

“Tadi pada gim kedua, saat unggul 7-2, ada perubahan pola dari lawan. Sedangkan kami menjadi bermain sangat hati-hati,” Rinov menjelaskan. 

“Buangan bolanya begitu banyak kesalahan dan mati sendiri. Jadinya kami kekejar dan panik sendiri.” 

Pada awal gim ketiga, Rinov/Pitha juga belum berhasil keluar dari tekanan. Mereka bahkan sempat tertinggal 5-11 pada saat interval.

Namun, Rinov/Pitha perlahan mencoba mengejar dan akhirnya mendapatkan momentum setelah mampu menyamakan kedudukan di angka 16-16.

Selanjutnya, Rinov/Pitha terus memimpin perolehan skor hingga akhirnya menutup laga dengan kemenangan 21-18 di gim ketiga.

“Pada gim ketiga kami dari ketinggalan dan bisa bangkit. Mungkin hal yang sama dirasakan lawan seperti yang kami rasakan di gim kedua,” kata Rinov. 

“Dan itu hal yang wajar di dunia bulutangkis karena tidak semua pemain bisa bermain tenang.”

Sementara itu, Pitha Haningtyas Mentari mengaku kurang puas dengan permainannya di semifinal Malaysia Masters 2024 meski berhasil melaju ke partai puncak.

Pitha pun berterima kasih dan mengapreasi Rinov karena berhasil menutupi banyak kekurangannya terutama pada gim ketiga.

“Jujur secara keseluruhan saya tidak puas dengan performa hari ini. Bersyukur hari ini Rinov bisa bermain sangat baik untuk meng-cover saya,” kata Pitha. 

“Apalagi pada gim ketiga dari mindset dan strategi betul-betul bisa mengaplikasikan dan bisa menutupi semua kekurangan saya.”

“Apresiasi buat Rinov karena pada gim ketiga yang main lebih banyak itu Rinov. Sedangkan saya cuma ngumpet di depan,” atlet 24 tahun itu menuturkan.

Pada sisi lain, laga final besok menjadi kesempatan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memperbaiki pencapaian di Malaysia Masters dua tahun lalu.

Pada Malaysia Masters 2022, ganda campuran peringkat 15 dunia itu dikalahkan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Cina) dalam laga puncak.

Perjuangan Rinov/Pitha untuk merebut gelar di Malaysia Masters 2024 pun dipastikan tak akan berjalan mudah.

Pasalnya, mereka akan bersua Goh Soo Huat/Lai Shevon Jemie yang lolos ke final usai memenangi duel sesama wakil Malaysia kontra Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

“Besok lawan wakil tuan rumah di final kami akan mempersiapkan kondisi dulu. Apalagi sudah dua minggu bertanding yang membuat fisik kami sedikit menurun,” kata Pitha. 

“Untuk soal dukungan suporter tuan rumah, ini tak beda dengan Indonesia Open. Cuma hal itu akan kami jadikan motivasi saja. Kami mau memaksimalkan motivasi saja.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat