sveosportu.com

Vitinha Man of the Match Portugal vs Republik Ceko

Gelandang Timnas Portugal, Vitinha. (Yusuf/Skor.id).

- Vitinha terpilih sebagai Man of the Match (Player of the Match) untuk laga Portugal vs Republik Ceko, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB.

Kemenangan Portugal 2-1 atas Republik Ceko memang tidak terlepas dari peran gelandang TImnas Portugal ini dalam perannya di lini tengah.

Vitinha pemain yang aktif dalam permainan serangan Portugal di laga fase Grup Euro 2024 ini.

Statistik penguasaan bola Portugal yang dominan atas Republik Ceko di antaranya karena kemampuan Vitinho menguasai lapangan tengah permainan.

Menurut UEFA Technical Observer Panel, Vitinha dalam pertandingan ini sukses memainkan perannya sebagai pengontrol tempo permainan dari Timnas Portugal.

"Vitinha juga memiliki jumlah operan sukses yang sangat baik selain itu juga melakukan interseptions, dua tugas yang dilakukannya dengan sangat baik."

Vitinha aktif dalam menyerang. Dari 19 tembakan Portugal di pertandingan ini, 5 di antranya berasal dari aksi Vitinha dengan satu tembakan mengarah ke gawang Republik Ceko.

Lalu, dari 706 operan yang dilakukan Timnas Portugal dalam pertandingan ini, 255 di antaranya dilakukan oleh Vitinho. Statistik tersebut memperlihatkan Vitinha yang sangat dominan dalam permainan Portugal.

Dengan semua catatan tersebut, wajar jika kemudian pemain berusia 24 tahun ini terpilih sebagai Pemain Terbaik untuk pertandingan ini.

Apalagi, dalam laga ini, Republik Ceko bermain dengan menerapkan strategi sepak bola bertahan yang baik serta serangan balik.

Namun dengan peran gelandang Paris Saint-Germain ini, Portugal akhirnya berhasil mencetak gol. Vitinha sendiri digantikan pada menit ke-90 memberikan tempat kepada Francesco Conceicao yang kemudian mencetak gol kemenangan.

Portugal menang 2-1 atas Republik Ceko dalam laga fase grup Euro 2024 ini.

Gol kemenangan Portugal tercipta ketika laga akan berakhir, tepatnya menit ke-92 yang diciptakan oleh pemain pengganti, Francisco "Chico" Conceicao.

Masuk menit ke-90 menggantikan Vitinha, Chico Conceicao mencetak gol dua menit kemudian.

Gol dramatis ini menjadi gol penting bagi Portugal yang diciptakan pemain muda mereka, anak dari mantan bintang Timnas Portugal, Sergio Conceicao.

Meski Chico Conceicao menarik perhatian dan menentukan kemenangan lewat gol, tapi peran dan kontribusi Vitinha sepanjang 90 menit pertandingan menjadinya pemain yang membuatnya dinilai lebih layak mendapatkan gelar Pemain Terbaik.

Kemenangan A Selecao das Quinas (julukan Portugal) ini membuat mereka untuk sementara di posisi kedua Grup F Euro 2024 dengan tiga poin bersama Turki yang sebelumnya juga menang 3-1 atas Georgia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat