sveosportu.com

Man of the Match Rumania vs Belanda: Cody Gakpo

Laga Rumania vs Belanda di 16 besar Euro 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Cody Gakpo terpilih menjadi Man of the Match alias Pemain Terbaik pertandingan babak 16 besar Euro 2024 (Piala Eropa 2024) antara Rumania vs Belanda

Pertandingan 16 besar Euro 2024 antara Tricolorii melawan Oranje yang digelar pada Selasa (2/7/2024) malam mulai pukul 23.00 WIB di Munich Football Arena, Munchen, Jerman itu akhirnya dimenangi Belanda dengan skor 3-0.

Gakpo, winger milik Liverpool FC, bermain sangat impresif pada pertandingan melawan Rumania dengan mencetak satu gol dan satu assist. Adapun dua gol lainnya diborong penyerang Borussia Dortmund, Donyell Malen.

Pada menit ke-20, Belanda membuat terobosan dengan Xavi Simons melaju ke depan dan memberikan bola melebar ke Gakpo, yang memotong dari sayap kiri untuk kemudian melepaskan tembakan ke tiang dekat kiper Rumania Florin Nita dari jarak 18 meter. 

Apa yang dilakukan Gakpo dengan gol ini semakin mengingatkan publik, utamanya pencinta Timnas Belanda pada Arjen Robben. Sebagai pemain sayap terbalik (ditempatkan di sisi kiri meskipun bukan kidal), Gakpo tahu apa yang ingin dia lakukan. Begitu juga dengan bek yang dia hadapi, namun dia selalu sukses. 

Ini menjadi gol ketiga Gakpo yang membuatnya menjadi salah satu dari empat pemain yang sudah mencetak tiga gol – bersama Jamal Musiala (Jerman), Georges Mikautadze (Georgia), dan Ivan Schranz (Slovakia) – untuk memuncaki pencetak gol terbanyak sementara di Euro 2024 ini. 

Gakpo kini juga menyamai rekan senegaranya Georginio Wijnaldum, Robin van Persie, dan Memphis Depay dalam mencetak tiga gol sepanjang turun di putaran final Piala Eropa. 

Hanya empat pemain Belanda yang memiliki gol lebih banyak daripada mereka di Euro, yakni Patrick Kluivert dan Ruud van Nistelrooy yang memimpin dengan enam gol, sementara Marco van Basten dan Dennis Bergkamp masing-masing memiliki lima.

Gol kedua Belanda saat melawan Rumania menunjukkan kehebatan Gakpo sebagai penyerang sayap. Dalam sebuah serangan pada menit ke-83 dari sebuah serangan di sisi kanan pertahanan Rumania, ia masih mampu mempertahankan bola tetap hidup meski ditekan Radu Dragusin, untuk kemudian mengopernya ke Malen yang dengan mudah menceploskan ke gawang. 

Melihat performa impresifnya, Panel Pengamat Teknis UEFA pun tidak ragu memberikan gelar Pemain Terbaik laga Rumania melawan Belanda di 16 besar Euro 2024 kepada Cody Gakpo

“Dia mencetak gol individu yang bagus dan tidak beruntung karena tidak mencetak gol lainnya (satu gol dianulir karena sudah offside). Performa keseluruhan yang bagus, selalu berada di posisi yang tepat tersedia dan melepaskan tembakan,” demikian pernyataan Panel Pengamat Teknis UEFA seperti dikutip uefa.com.

“Gakpo mampu memberi ancaman konstan di kotak penalti. Ia juga menjadi salah satu pencetak gol terbanyak sejauh ini di turnamen dan memberikan assist untuk gol kedua untuk meraih kemenangan.” 

Ini menjadi gelar Man of the Match kedua yang diterima Gakpo setelah membantu Belanda menggasak Polandia, 2-1, di fase grup pada 16 Juni 2024 lalu. 

Selain Gakpo, Granit Xhaka (Swiss), N’Golo Kante (Prancis), Kevin De Bruyne (Belgia), dan Christian Eriksen (Denmark) juga sudah dua kali menjadi Pemain Terbaik pertandingan di Piala Eropa 2024. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat