sveosportu.com

Man of the Match Spanyol vs Kroasia: Fabian Ruiz

Gelandang Timnas Spanyol, Fabian Ruiz. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Fabian Ruiz tampil impresif pada pertandingan pertama Spanyol melawan Kroasia di Grup B Euro 2024 yang berlangsung di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu (15/6/2024) sore waktu setempat . 

Gelandang milik Paris Saint-Germain (PSG) berusia 28 tahun itu mencetak satu gol dan satu assist saat La Roja menghantam Kroasia dengan skor 3-0. 

Ruiz membuat assist untuk gol pertama Spanyol yang dicetak striker veteran Alvaro Morata pada menit ke-29. Visi permainan dan kemampuan melepas operan akurat ditunjukkan Ruiz lewat operan terarahnya dari tengah ke kapten Spanyol.

Tiga menit setelah gol Morata, Ruiz menunjukkan kelasnya yang tidak hanya mampu memberikan umpan matang. Sebuah operan pendek dari Pedri dari sisi kiri pertahanan Kroasia berhasil dimaksimalkan Ruiz menjadi gol setelah sebelumnya melewati dua pemain lawan. 

Sedangkan gol ketiga Spanyol dicetak oleh bek kanan senior Dani Carvajal, yang dengan cerdik merangsek dari belakang memanfaatkan umpan lambung Lamine Yamal dari sisi kiri pertahanan Kroasia.

Bagi Fabian Ruiz, torehan melawan Kroasia menjadi gol ketiga serta assist ke-9 dalam 24 kali membela Timnas Spanyol sejak debut pada awak Juni 2019. Gol dan assist yang Ruiz itu juga yang pertama dibuatnya di laga putaran final Euro.  

Ini juga baru penampilan keempat Ruiz di pertandingan putaran final Euro setelah juga membela La Roja pada Piala Eropa 2020 lalu. Uniknya, salah satu dari tiga laga Ruiz di Euro 2020 adalah ketika menyingkirkan Kroasia, 5-3 (extra time), di 16 besar. 

Saat menghadapi Kroasia di Olympiastadion, semalam, Ruiz bermain penuh (90 menit) dan mengawali laga sebagai gelandang kiri dalam skema 4-3-3 yang diterapkan pelatih Luis de la Fuente.  

Dengan jarak jelajah mencapai 12,17 km, salah satu keunggulan Ruiz dalam pertandingan itu adalah akurasi operannya yang mencapai 90% (43 akurat/dari 48 operan). 

Ruiz akurat saat melepaskan 10 (dari 11) operan pendek, 18 (20) medium passes, dan 7 (8) operan panjang. Meskipun tidak mampu melepaskan umpan silang, Ruiz tercatat 11 kali (12) mengoper ke belakang, 7 (7) operan ke kiri, dan 8 (9) umpan ke kanan secara akurat.

Fabian Ruiz juga tercatat 60 kali menguasai bola, lima kali melepaskan operan ke sepertiga akhir serangan, dan membuat dua operan kunci. Ia juga dua kali membuat dribel sukses dan masing-masing sekali menusuk ke sepertiga akhir serangan dan kotak penalti.

“Yang paling penting adalah kami menang. Assist memang penting, tapi gol juga penting,” ujar Fabian Ruiz usai terpilih sebagai Man of the Match laga Spanyol versus Kroasia, seperti dikutip uefa.com

“Saya pikir tim melakukannya dengan sangat baik. Kami melakukan apa yang kami inginkan dan bekerja sangat keras untuk itu. Yang penting, kami mencapai semua yang kami inginkan sebagai sebuah tim.”   

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat