sveosportu.com

3 Pemain Tambahan Dinaturalisasi untuk Timnas U-20 Indonesia

Manajer Timnas U-17 dan U-20 Indonesia, Ahmed Zaki Iskandar, pada acara Locker Room IDN Times di Jakarta, 10 Juli 2024. (Foto Taufani Rahmanda/Grafis Yusuf/Skor.id)

- Manajer Timnas U-20 Indonesia, Ahmed Zaki Iskandar memastikan ada tiga pemain diaspora lagi yang akan dinaturalisasi.

Garuda Muda belakangan memang diperkuat oleh berbagai pemain keturunan Indonesia atau diaspora, dari hasil pencarian tim pelatih sebelumnya.

Akan tetapi baru satu nama yang sudah diproses naturalisasi yakni Jens Raven, dan telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) beberapa waktu lalu.

Ahmed Zaki Iskandar pun mengungkapkan ada tiga pemain diaspora lain yang akan dinaturalisasi setelah sempat tampil di Turnamen Toulon 2024.

Mereka adalah Tim Henri Victor Geypens, Hinoke Mauresmo Johannes, dan Dion Markx, yang sudah pernah membela Timnas U-20 Indonesia.

"Yang tiga nama kemarin (membela Timnas U-20 Indonesia di Turnamen Toulon 2024 yang kami (naturalisasi)," ucap Ahmed Zaki, Rabu (10/7/2024).

"Kalau Jens Raven kan sudah masuk, ini di luar dia. Itu (yang mau dinaturalisasi) ada Tim, kemudian ada Hinoke Mauresmo, dan satu lagi Dion."

"Itu yang direkomendasikan untuk dihadirkan. Perkembangannya biarkan mereka berkarier di Belanda, atau di liga masing-masing, karena itu lebih bagus dan lebih baik untuk mereka," ia memaparkan.

tim geypens - fc emmen
Bek keturunan Indonesia, Tim Geypens, gabung klub kasta kedua Liga Belanda, FC Emmen. (Foto: FC Emmen/Grafis: Dede Sopatal Mauladi/)

Meski demikian, lelaki yang juga menjabat sebagai Manajer Timnas U-17 Indonesia itu belum bisa memastikan soal naturalisasi ketiga pemain tersebut.

Mereka belum tentu tampil pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang akan berlangsung pada 25-29 September 2024 meski namanya sudah diajukan ke PSSI.

"Nanti kami lihat proses kewarganegaraan Indonesianya seperti apa. Karena ini dikejar waktu, berkasnya harus dilengkapi, segala persyaratan harus dilengkapi," kata Ahmed Zaki.

Timnas U-20 Indonesia masuk dalam Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dan menjadi tuan rumahnya, bersaing dengan Maladewa, Timor Leste, dan Yaman.

Sebagai salah satu persiapan, Garuda Muda bakal tampil pada ASEAN U-19 Championship 2024 yang digelar di Surabaya pada 17-29 Juli mendatang.

Tim asuhan Indra Sjafri dengan nama Timnas U-19 Indonesia, menargetkan posisi empat besar. Pada babak pernyisihan grup, mereka juga bakal bersua Timor Leste.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat