sveosportu.com

Marc Marquez Bisa Jadi Masalah di MotoGP Amerika 2024

Pembalap Gresini Racing Marc Marquez

– Setelah jeda hampir tiga minggu, MotoGP 2024 akan bergulir lagi akhir pekan ini dengan Grand Prix Amerika. Dan, Marc Marquez dilihat berpotensi menjadi ‘problem’ bagi para rival di sana. 

Pembalap Gresini Racing tersebut dikenal sebagai spesialis dalam balapan MotoGP Amerika yang digelar di Circuit of The Americas (COTA). 

Sejak kejuaraan dunia pertama kali digelar di trek yang terletak di Austin, Texas itu, pada musim 2013 lalu, Marquez mendominasi. Ia sukses memenangi tujuh dari 10 GP yang sudah berlangsung di COTA.

Sejak 2013 hingga 2018, ia selalu finis terdepan dalam MotoGP Amerika. Musim 2019, ia terjatuh sehingga membuat Alex Rins, yang ketika itu memperkuat Suzuki, keluar sebagai pemenang. 

Ketika COTA kembali masuk kalender MotoGP 2021 setelah absen musim 2020 akibat pandemi Covid-19, Marc Marquez naik podium tertinggi lagi, meski belum pulih 100% dari cedera lengan parah yang diderita.

Tahun ini, rider berjuluk The Baby Alien melakukan debutnya di atas motor Ducati Desmosedici GP23 livery Gresini dengan cara eksplosif. Ia finis keempat di GP Qatar dan naik podium sesi sprint di Portugal.

Selain Marquez dan Rins, yang dua kali menang di COTA, ada satu pembalap lain yang pernah merasakan kejayaan dalam MotoGP Amerika, yakni Enea Bastianini. Ia sukses menang di sana pada edisi 2022. 

Rider Ducati Lenovo Team itu finis terdepan saat masih memperkuat Gresini, tim yang kini dibela Marquez. Walau senang bisa kembali ke Amerika, Bastianini mengaku khawatir dengan potensi ancaman yang bisa diberikan The Baby Alien di COTA, akhir pekan nanti.

“Saya melewatkan balapan (MotoGP Amerika) tahun lalu karena cedera, tetapi saya punya kenangan indah dari musim 2022. Itu adalah kemenangan favorit saya dan senang bisa kembali ke COTA,” kata Bastianini dikutip dari Motorsport

Enea Bastianini
Pembalap Ducati Lenovo Team Enea Bastianini melihat Marc Marquez sebagai ancaman besar dalam MotoGP Amerika 2024 di COTA, akhir pekan nanti. (Hendy Andika/)

“Kami akan memiliki masalah dengan Marc (Marquez), karena dia sangat kencang di trek itu. Namun kami juga akan mendapatkan problem dari pembalap lain. Kita akan lihat apa yang terjadi nanti.” 

Enea Bastianini tengah diselimuti optimisme menyusul kesuksesan di MotoGP Portugal, akhir Maret lalu. Bestia mampu naik podium, di mana ia finis kedua di belakang Jorge Martin (Pramac Racing). 

Itu kali pertama Bastianini menuntaskan balapan di zona Top 3 sejak GP Malaysia 2023. Musim lalu, selain cedera, ia mengalami kesulitan menguasai Desmosedici GP23. Namun, situasinya kini sudah lebih baik.

“Mentalitas akan selalu sama, karena saya pikir kami memulai dengan langkah yang benar tahun ini. Kami bekerja dengan baik sepanjang musim dingin. Kami belum bisa tenang, tetapi kami percaya diri,” tuturnya.

MotoGP Amerika, yang diplot sebagai putaran ketiga dalam kalender kejuaraan musim 2024, dijadwalkan berlangsung pada akhir pekan ini, 12-14 April waktu setempat atau 13-15 April WIB. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat