sveosportu.com

Marselino Ferdinan Nilai Peluang Timnas Indonesia di Round 3

marselino ferdinan timnas indonesia

- Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, mengomentari peluang Garuda di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti diketahui, pasukan Shin Tae-yong tergabung ke dalam grup berat di fase tersebut. Mereka harus menghadapi langganan Piala Dunia macam Jepang, Australia, dan Arab Saudi, ditambah Bahrain dan Cina.

Jika mampu finis sebagai juara grup atau runner-up, Timnas Indonesia bakal mencetak sejarah lolos ke putaran final Piala Dunia untuk kali pertama.

Namun, jalan menuju ke sana dipastikan tak mudah. Faktanya, lebih realistis jika mereka mengincar peringkat ketiga atau keempat untuk bersaing lagi di putaran selanjutnya.

"Kita percaya diri aja, kita optimistis aja. Kita mempunyai tim yang bagus, kita mempunyai komposisi tim yang berpengalaman di setiap lininya," kata Marselino Ferdinan, saat ditemui usai Meet and Greet Timnas Indonesia di Jakarta Fair Kemayoran, Kamis (7/4/2024) sore.

"Kita percaya kita bisa (finis) di peringkat ketiga atau keempat. Memang masuk akal juga ya, (mengincar) posisi tiga atau empat," tambahnya.

Mantan gelandang Persebaya Surabaya itu mengungkapkan bahwa dirinya tak terlalu memikirkan lawan-lawan berat yang akan dihadapi pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Marselino Ferdinan vs Osamah Jabbar Rashid. (Mario Sonatha untuk )
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, mengawal pergerakan gelandang Irak, Osamah Jabbar Rashid, dalam laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 11 Juni 2024. (Mario Sonatha untuk )

Meskipun reputasi mereka jauh lebih mentereng, Marselino sama sekali tak gentar. Hal terpenting adalah percaya terhadap kemampuan sendiri.

"Seperti yang saya tegaskan tadi, kita hanya fokus pada tim kita sendiri. Kita gak usah terlalu lihat lawan-lawan yang besar atau gimana-mana. Yang pasti kita fokus tim kita sendiri, itu bisa membuat kita lebih baik dan lebih percaya diri di pertandingan," katanya.

Dua di antara lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yakni Jepang dan Australia, beberapa waktu lalu sempat dijajal juga di Piala Asia 2023.

Kala itu, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan takluk 1-3 dari Jepang, kemudian dibantai Australia empat gol tanpa balas.

Soal itu, sang pemain mengatakan bahwa tim akan melakukan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

"Kita evaluasi pastinya. Kita melihat lagi rekaman pertandingan di Piala Asia. Kita melihat dan mengevaluasi celah mana yang kita bisa perbaiki dan bisa kembangkan," kata Marselino.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September mendatang.

Mereka akan bertandang ke markas Arab Saudi pada 5 September, lalu menjamu Australia lima hari kemudian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat