sveosportu.com

Mats Hummels Semringah Cerita Proses Golnya ke Gawang PSG

Mats Hummels mencetak gol semata wayang kemenangan Borussia Dortmund atas Paris Saint Germain pada leg kedua semifinal Liga Champions 2023-2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Mats Hummels tidak menyangka dirinya jadi penentu kemenangan sekaligus lolosnya Borussia Dortmund ke final Liga Champions 2023-2024 di Wembley.

Maklum, sebagai pemain berposisi bertahan, mencetak gol bukanlah tugas utamanya. 

Hummels mencetak satu-satunya gol kemenangan Dortmund ke gawang tuan rumah Paris Saint-Germain (PSG) pada leg kedua semifinal Rabu (8/5/2024) dini hari WIB di Parc des Princes.

Skor ini membuat Borussia Dortmund menang agregat gol 2-0 atas PSG dan memastikan diri lolos ke partai puncak Liga Champions musim ini.

Ini juga merupakan gol kedua Hummels di Liga Champions untuk Dortmund dalam kurun 11 tahun (sebelumnya saat imbang 2-2 lawan Shakhtar Donetsk pada 16 besar).

Hummels mengakui dirinya memang tidak terlalu produktif dalam mencetak gol, apalagi dalam pentas Liga Champions.

"Bagaimanapun, saya mencetak terlalu sedikit gol di Liga Champions dalam karier saya," kata pemain 35 tahun itu sambil tertawa dalam wawancara usai pertandingan.

"Dan ini (melawan PSG) memang merupakan saat yang tepat untuk menambah sedikit koleksi gol saya," Hummels menambahkan.

Mantan pemain Bayern Munchen ini kemudian dengan penuh semangat menceritakan proses terjadinya gol ke gawang PSG.

"Dari cara mereka bertahan dalam tendangan sudut sebelumnya, saya tahu bahwa saya bisa mendapatkan ruang,” kata Hummels. 

"Dan taktik itu bekerja dengan sangat baik. Jule (Julian Brandt) mengirim bola (umpan) dengan sempurna ke kepala saya,” Hummels menuturkan.

Terkait laga final, Hummels menyampaikan optimismenya bisa mengangkat trofi Liga Champions kedua untuk Dortmund setelah menanti 27 tahun.

Hal itu sekaligus akan mengobati kekecewannya saat hanya membawa Dortmund menjadi runner-up Liga Champions 2012-2013 lalu.

"Terlepas dari lawan tim mana pun pada final, kami akan menghadapi tantangan yang sangat besar, lawan yang kuat," ucap anggota Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014 itu. 

“Ini juga akan menjadi pertarungan dengan atmosfer dan signifikansi pertandingan. Tapi kami sudah mengatasinya dengan baik hari ini.” 

“Sejak pertandingan kedua di babak penyisihan grup, kami yakin bisa bersaing di Liga Champions.” 

"Kami sekarang sudah sering membuktikannya. Tidak ada alasan apa pun bagi kami untuk tidak percaya bahwa kami juga bisa memenangkan final.” 

“Pada final 1 Juni mendatang di Wembley, saya bersama tim bertekad mengerahkan 100% kemampuan terbaik.” 

“Tiap sesi latihan dan diselingi dua laga Bundesliga sebelum ke Wembley, akan kami fokuskan pada final 1 Juni.” 

“Semua itu kami anggap sebagai persiapan untuk tampil di Wembley. Kami ingin mengasah banyak hal sebelum tampil di final," kata Hummels.

Sebelum ke final Liga Champions melawan Bayern Munchen atau Real Madrid, Dortmund akan menyambangi kandang Mainz 05 (11/5/2024) dan menjamu Darmstadt 98 (18/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat