sveosportu.com

Matthew Baker Sambut Potensi Jumpa Australia di Semifinal

matthew baker - indonesia u-16

- Bek Timnas U-16 Indonesia, Matthew Baker, mengaku senang jika Garuda Muda bertemu Australia U-16 di semifinal ASEAN U-16 Championship 2024.

Seperti diketahui, Timnas U-16 Indonesia sudah memastikan satu tempat di babak empat besar ASEAN U-16 Championship 2024.

Itu setelah tim asuhan Nova Arianto finis sebagai juara Grup A dengan rekor tiga kemenangan beruntun.

Terakhir, Kamis (27/6/2024), Matthew Baker dan kawan-kawan menyikat Laos U-16 dengan skor telak 6-1 di Stadion Manahan, Solo.

Kini, Timnas U-16 Indonesia tinggal menunggu kepastian siapa lawan mereka di semifinal.

Berdasarkan bagan turnamen, kemungkinannya ada dua, yaitu juara Grup C atau runner-up terbaik dari Grup B.

Sejauh ini, skenario kedua yang paling besar peluangnya menjadi kenyataan. Sebab, Kamboja U-16 (Grup B) masih memimpin klasemen runner-up terbaik dengan koleksi 7 poin.

Namun, itu bisa berubah ketika dua laga pamungkas Grup C, Sabtu (29/6/2024) sore nanti, rampung.

Salah satu dari Thailand U-16 atau Australia U-16 masih berpeluang mengkudeta Kamboja U-16 dari puncak klasemen runner-up terbaik.

Syaratnya, mereka harus menang atas lawan masing-masing dan memiliki selisih gol lebih baik daripada Kamboja U-16 (+7).

Jika itu terjadi, Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi juara Grup C di semifinal. Sementara, runner-up Grup C akan bertemu dengan Vietnam U-16.

timnas u-16 indonesia vs laos
Matthew Baker (5) ikut merayakan gol Timnas U-16 Indonesia ke gawang Laos U-16 dalam laga Grup A ASEAN U-16 Championship di Stadion Manahan, Solo, 27 Juni 2024. (Dok. PSSI)

Matthew Baker mengatakan bahwa dirinya tak keberatan menghadapi siapa pun di semifinal. Tapi, jika bertemu Australia U-16, dia akan sangat antusias.

Maklum, remaja 15 tahun itu lahir dan besar di Negeri Kanguru dan kini bergabung dengan akademi Melbourne City FC.

"Itu akan menjadi pertandingan yang menarik. Saya punya tiga teman dari klub saya di Australia," ujar Matthew Baker.

Rekan setim yang dia maksud adalah kiper Jonty Benfield, kapten Australia U-16, Jayden Necovski, dan bek Besian Kutleshi. Trio ini juga berasal dari Melbourne City FC.

"Saya pikir Australia sangat bagus secara individu. Tapi dari yang saya lihat, mereka belum terlalu padu sebagai tim," lanjut Matthew.

"Semua bisa berubah, tentu saja. Mereka akan termotivasi saat main di semifinal, apalagi di hadapan banyak penonton."

"Tapi, itu juga keuntungan buat kita, dengan ramainya suporter di stadion. Australia akan datang dan kaget melihat dukungan mereka," pemain bernomor punggung 5 itu menambahkan.

Matthew Baker mengajak para suporter untuk terus memberi dukungan di Stadion Manahan, terlepas siapa pun yang akan mereka hadapi nanti.

"Terus berikan dukungan, setiap orang harus datang ke stadion, kami butuh kalian semua," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat