sveosportu.com

Max Verstappen Kritik F1 Gelar Sprint di GP Cina 2024

Max Verstappen

– Dari 24 Grand Prix dalam kalender balap Formula 1 2024, enam di antaranya akan memasukkan sesi sprint dalam jadwal. Salah satunya event di Cina, yang kembali meramaikan kejuaraan sejak 2019.

Format sprint F1 mengalami perubahan untuk musim 2024. Kualifikasi sprint diundur ke Jumat, sedangkan sesi hari Sabtu akan dibuka dengan sprint sebelum kualifikasi Grand Prix digelar beberapa jam kemudian.

Rombongan Formula 1 belum lagi mampir ke Cina setelah terakhir menyelenggarakan balapan di Sirkuit Internasional Shanghai pada April 2019. Hal ini dikarenakan pembatasan akibat pandemi global Covid-19.

Meski sudah absen empat musim, F1 memplot GP Cina untuk menggelar sprint pertama 2024. Keputusan tersebut mendapat kritik dari bintang Red Bull Racing sekaligus juara dunia bertahan Max Verstappen.

Pembalap asal Belanda ini mempertanyakan dasar penetapan Sirkuit Shanghai untuk menjalankan jadwal race weekend yang berbeda karena berbagai hal yang tidak diketahui menjelang F1 GP Cina 2024. 

“Saya rasa tidak bagus, katakanlah seperti itu, melakukannya (sprint di Shanghai). Sebab ketika Anda sudah cukup lama tidak menggunakan treknya, saya pikir Anda tak pernah tahu apa yang akan Anda alami, bukan? Jadi akan lebih baik jika kami memiliki akhir pekan balapan yang normal di sana.” kata Verstappen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat