sveosportu.com

McLaren Tanggapi Kontroversi Kehadiran Donald Trump

Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump

– Kehadiran Donald Trump di garasi tim McLaren saat penyelenggaraan F1 GP Miami 2024 menimbulkan kontroversi.

Mantan Presiden Amerika Serikat itu jadi salah satu publik figur yang hadir langsung ke Miami International Autodrome, Florida pada Minggu (5/5/2024) waktu setempat.

Sesi balapan utama F1 GP Miami 2024 sendiri berhasil dimenangi oleh pembalap McLaren, Lando Norris.

Sebagai tamu spesial McLaren, Donald Trump pun menemui Lando Norris seusai balapan untuk menyampaikan ucapan selamat.

Sebelumnya, pebisnis 77 tahun itu lebih dulu diajak berkeliling garasi McLaren oleh Zak Brown selaku pimpinan tim

Donald Trump juga turut menemui CEO F1 Stefano Domenicali dan Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem sepanjang gelaran F1 GP Miami 2024.

Pemandangan tersebut ternyata menimbulkan banyak reaksi negatif di media sosial, terutama di kalangan publik Amerika Serikat.

Sejumlah pihak menyayangkan keputusan McLaren mengundang Donald Trump yang saat ini sedang terbelit kasus penipuan dan didakwa oleh pengadilan tinggi New York.

McLaren akhirnya memberikan pernyataan terkait kehadiran Trump tak lama setelah F1 GP Miami 2024 rampung digelar.

McLaren adalah organisasi non-politik tetapi kami mengakui dan menghormati jabatan Presiden Amerika Serikat,” bunyi pernyataan tim yang bermarkas di Woking, Inggris itu.

“Sehingga ketika permintaan dibuat untuk mengunjungi garasi pada hari perlombaan, kami menerimanya bersama Presiden FIA, CEO Liberty Media, dan Formula 1.” 

“Kami merasa terhormat bahwa McLaren Racing terpilih sebagai perwakilan F1 yang memberi kami kesempatan menampilkan teknik kelas dunia yang kami bawa ke motorsport,” katanya.

Sementara itu, Lando Norris mengatakan bahwa pertemuan dengan Donald Trump merupakan sebuah kehormatan baginya.

“Saya tidak melihatnya di garasi. Saya sibuk mempersiapkan balapan tetapi dia menemui saya setelah balapan dan dia datang untuk mengucapkan selamat,” ujar Norris.

“Merupakan suatu kehormatan kala seseorang sepertinya mendatangi Anda, meluangkan waktu dalam hidupnya untuk memberikan rasa hormat atas apa yang telah Anda lakukan.”

“Dia mengatakan dia adalah jimat keberuntungan saya karena ini adalah kemenangan pertama saya. Jadi, saya tak tahu apakah dia akan datang ke balapan berikutnya,” katanya.

“Tapi ada banyak orang spesial atau orang keren yang datang ke sini akhir pekan ini. Donald adalah seseorang yang harus sangat Anda hormati dalam banyak hal.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat