sveosportu.com

McLaren Senna Pantik Memori Ayrton Senna di Donington Park

Bruno Senna mengendarai McLaren Senna di Sirkuit Donington Park dalam pembuatan video mengenang 30 tahun kejayaan Ayrton Senna di sirkuit tersebut (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

– Nama “Senna” kembali hadir di Sirkuit Donington Park, Leicestershire, Inggris, sebagai salah satu rangkaian momen bersejarah McLaren memperingati warisan Ayrton Senna.

Tepatnya, momen 30 tahun setelah balapan terakhir pembalap legendaris Formula 1 asal Brasil itu pada Mei 1994 di sirkuit tersebut.

Berkaca pada performa luar biasa Ayrton Senna pada Grand Prix Eropa 1993 di Sirkuit Leicestershire, Inggris, keponakan Ayrton, Bruno Senna, turun ke trek dengan hypercar McLaren Senna.

Itu dilakukan Bruno pada Rabu (29/5/2024) lalu sebagai penghormatan atas perjalanan epik pamannya.

McLaren Senna menjelajahi Sirkuit Donington Park, salah satu tempat bersejarah saat Ayrton Senna meraih kejayaan pada 1993 (Dok. McLaren).
McLaren Senna yang dikendarai Bruno Senna menjelajahi Sirkuit Donington Park, salah satu tempat bersejarah saat Ayrton Senna meraih kejayaan pada 1993 (Dok. McLaren).

Diselenggarakan 11 April 1993, balapan di Donington Park selalu dikenang tidak hanya sebagai ajang salah satu kemenangan balapan paling monumental yang diraih Ayrton Senna.

Melainkan juga secara luas dianggap sebagai salah satu putaran terhebat dalam sejarah Formula 1.

Mengendarai McLaren MP4/8 dalam kondisi cuaca hujan yang menempa reputasinya sebagai pembalap istimewa, Ayrton Senna melaju dari posisi kelima ke posisi pertama di lap pembuka.

Pulih dari pelarian yang buruk dengan bakat luar biasa dan keterampilan mengemudi naluri khas Senna, pembalap Brasil itu keluar dari jalur balap konvensional di beberapa tempat.

Ia meraih gelar juara dunia saat ini dan masa depan dengan gaya yang luar biasa di berbagai bagian sirkuit sejauh 2,5 mil (4 kilometer). 

Prestasi ini, salah satu penampilan Senna yang paling “angkuh”, dikenal sebagai “Lap of the Gods”.

Tur pertama yang ikonik di sekitar sirkuit ini adalah awal dari performa dominan dalam balapan yang membuat Senna menang lebih dari 1 menit 23 detik.

Mengalahkan semua pembalap kecuali pembalap urutan kedua untuk mencatat margin kemenangan terbesar yang diraihnya selama kariernya di Formula 1.

Pengetahuan mengenai balapan ini di kalangan penggemar Formula 1 dan Ayrton Senna juga meluas hingga trofi pemenang yang tidak biasa, yang diangkat oleh Senna yang menang dan gembira di podium.

Balapan di Donington Park adalah performa yang mengukuhkan warisan Ayrton Senna sebagai seorang pembalap dengan kemampuan luar biasa.

Ia mampu melampaui yang terbaik di kompetisi, melalui komitmen total untuk terus menerus mengeluarkan hasil maksimal dari bakat dan mobilnya, sebuah etos yang McLaren tetap terinspirasi tiga dekade kemudian.

Untuk menghormati penampilan terkenal Ayrton itu, Bruno Senna turun ke trek dengan hypercar McLaren yang menyandang nama Senna dan menyalurkan dedikasi penuhnya pada performa di trek: McLaren Senna.

Bruno Senna mengendarai McLaren Senna di Sirkuit Donington Park mengenang kejayaan sang paman, Ayrton Senna, di sirkuit itu (Dok. McLaren).
Bruno Senna mengendarai McLaren Senna di Sirkuit Donington Park mengenang kejayaan sang paman, Ayrton Senna, di sirkuit itu (Dok. McLaren).

McLaren Senna adalah McLaren road car paling ekstrem yang pernah dibuat dan mobil McLaren Ultimate yang paling berorientasi pada trek. 

Mobil ini menonjol tidak hanya karena tingkat performanya yang luar biasa.

Namun juga karena kemampuannya menciptakan hubungan antara mobil dan pengemudi, yang sepenuhnya sesuai dengan mobil yang terinspirasi oleh gaya mengemudi Ayrton Senna.

“Ayrton, pada lap pertama di Donington Park tahun 1993, berada di “planet lain”, dalam dimensi lain dari semua pembalap elite yang berbeda ini,” ujar Bruno. 

“Merupakan pencapaian luar biasa untuk melakukan berkendara dalam kondisi yang sulit dan rumit, serta melawan mobil yang lebih kompetitif.”

“Bagi saya, ini adalah salah satu balapan yang tidak dapat Anda lupakan, seperti Portugal 1985 dan Brasil 1991,” ia menambahkan.

“Donington adalah salah satu trek yang menyenangkan dan tentu saja cuaca dapat berperan di sini. Namun hari ini sangat berbeda dengan balapan tahun 1993!" 

"Dalam mobil super ringan dengan downforce tinggi seperti McLaren Senna Anda benar-benar dapat merasakan aliran menakjubkan dan perubahan ketinggian, dan tentu saja kecepatannya!”

"Nama McLaren dan Senna memiliki keterkaitan yang sangat kuat." 

"Bekerja sama untuk menghadirkan McLaren Senna, sebuah mobil yang pasti akan membuat Ayrton sangat bangga, adalah pencapaian yang luar biasa," Bruno menuturkan.

McLaren Senna yang dikendarai Bruno Senna di Sirkuit Donington Park (Dok. McLaren).
McLaren Senna yang dikendarai Bruno Senna di Sirkuit Donington Park (Dok. McLaren).

Bruno Senna merupakan keponakan Ayrton Senna dan mantan pembalap Formula 1.

Ia mengendarai mobil dengan bobot kering paling ringan yaitu 1.198 kg, didukung oleh sasis dan panel bodi Monocage III berbahan serat karbon,.

Dikombinasikan dengan keluaran tenaga 800PS dari mesin V8 4.0 liter twin-turbo, McLaren Senna memiliki rasio power-to-weight menghasilkan 668PS-per-ton (659bhp) yang menakjubkan. 

Paket aerodinamis ekstrem dari mobil Ultimate McLaren yang paling berorientasi pada lintasan mencakup elemen aktif di depan dan belakang, yang mampu menghasilkan gaya tekan ke bawah (downforce) hingga 800 kg.

Sementara rem yang diturunkan dari motorsport memberikan tenaga pengereman yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Yakni pengereman dari kecepatan 200km/jam (124mph) hingga berhenti dapat dicapai hanya dalam jarak 100 meter.

Dengan mengingat perjalanan epik Ayrton Senna, saat membuat film penghormatan, yang dapat dilihat di sini, Bruno menggemakan pamannya, Ayrton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat