sveosportu.com

Megawati hingga Aulia Suci Absen dari AVC Challenge Cup 2024

AVC Challenge Cup

– Menjelang Asian Women's Volleyball Challenge Cup atau  AVC Challenge Cup 2024, 22-29 Mei, di Manila, Filipina, roster timnas voli putri Indonesia alami perubahan. Hanya 11 pemain yang akan diberangkatkan mengikuti turnamen tersebut. 

Sebelumnya, awal pekan lalu, PBVSI, sebagai induk organisasi bola voli Indonesia, telah mengumumkan daftar pemain untuk memperkuat tim. Total 14 nama atlet senior dan berpengalaman dipanggil.

Mereka juga mayoritas merupakan para pevoli andalan klub-klub yang bersaing dalam Proliga 2024. Karenanya, tim putri baru berangkat ke Manila setelah kompetisi menyelesaikan pekan keempatnya pada Minggu (19/5/2024).  

Namun, komposisi roster kemudian dirombak dan direduksi dengan hanya membawa 11 pevoli ke Manila. Ini harus dilakukan karena terbentur izin dari klub masing-masing pemain.  

Dari 14 nama yang diumumkan 13 Mei lalu, sekarang hanya Maradanti Namira dan Putri Nur Hidayanti yang masih ada dalam daftar. PBVSI memutuskan memanggil sembilan pemain muda lainnya untuk tampil.

Pevoli berpengalaman seperti Megawati Hangestri Pertiwi, Wilda Siti Nurfadilla, Shella Bernadetha Onnan, Agustin Wulandhari, hingga Aulia Suci Nurfadila, yang sebelumnya dipanggil, batal memperkuat Indonesia.

Mengenai perombakan skuad tersebut, Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi alasan. Salah satunya menjadikan AVC Challenge Cup 2024 sebagai ajang regenersi tim.

“Pertama kami mengutamakan pembinaan. Kami ingin ada lapis kedua yang nanti bisa menggantikan seniornya. Yang kedua, kedatangan informasi dari AVC terlambat. Proliga sudah berjalan, pemberitahuan AVC Challenge baru datang,” kata Imam usai kunjungan ke Kantor Kemenpora, Selasa (21/5/2023).

“Kemudian yang ketiga, tidak mungkin memberangkatkan peserta dari Proliga, kan waktunya mepet sekali. Itu pasti menjadi pertimbangan dari klub-klub seandainya kami ambil (pemainnya). Jadi tidak mungkin mengambil yang masih berjalan di Proliga.” imbuh pria yang pernah menjabat Kakor Brimob Polri itu.

Perombakan pemain ini jelas mengurangi kekuatan skuad putri Indonesia. Karena itu, PBVSI akan bertemu dengan AVC di Bali akhir Mei nanti guna membahas sejumlah hal, termasuk penentuan jadwal turnamen.

Tim voli putri Indonesia dengan Pedro Lilipaly sebagai pelatih tergabung di Pul B AVC Challenge Cup 2024 bersama Vietnam, Kazakhstan, Singapura, dan Hong Kong.

Sedangkan Pul A diisi tuan rumah Filipina, Taiwan, India, Iran, serta Australia. Pada laga perdana, Srikandi Merah Putih dijadwalkan berhadapan dengan Hong Kong, Kamis (23/5/2024) pagi.

Daftar Pemain Timnas Voli Putri Indonesia di AVC Challenge Cup 2024:

1. Maradanti Namira (Jakarta Pertamina Enduro)
2. Bela Sabrina Agustina (Gresik Petrokimia)
3. Chelsea Berliana Nurtono (Jakarta Pertamina Enduro)
4. Geofanny Eka Chayaningtyas (Gresik Petrokimia)
5. Azzahra Dwi Febyane (Jakarta Pertamina Enduro)
6. Latifa Nissa Az-Zahra (Jakarta Pertamina Enduro)
7. Nita Sesanti (Jakarta Livin Mandiri)
8. Putri Nur Hidayanti (Gresik Petrokimia)
9. Junaida Santi (Jakarta Pertamina Enduro)
10. Alridhania Risqamara (Gresik Petrokimia)
11. Dya Hawa Nur Fitria (Bandung BJB Tandamata)

Ofisial

Manajer: Luciana Yvette Taroreh (Jakarta Livin Mandiri)
Pelatih: Pedro Lilipaly (Gresik Petrokimia)
Asisten Pelatih: Rastoni (Bandung Tectona)
Wasit: Matsuri

Jadwal Babak Penyisihan Timnas Voli Putri Indonesia di AVC Challenge Cup 2024:

Kamis (23/5/2024), 09.00 WIB: Indonesia vs Hongkong
Jumat (24/5/2024), 15.00 WIB: Indonesia vs Singapura
Sabtu (25/5/2024), 12.00 WIB: Kazakhstan vs Indonesia  
Minggu (26/5/2024), 09.00 WIB: Vietnam vs Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat