sveosportu.com

Melihat Peluang Man United Meraih Tiket Liga Europa

Penyerang Manchester United, Rasmus Hojlund (kiri) dan Marcus Rashford,. (Hendy Andika/Skor.id).

- Kekalahan telak Manchester United, 0-4, dari Crystal Palace, Selasa (7/5/2024) dini hari WIB, menyisakan tanda tanya besar bagi nasib Tim Setan Merah di akhir musim 2023-2024 ini.

Kekalahan tersebut tidak hanya menempatkan posisi pelatih Erik ten Hag dalam pertanyaan, tapi juga tentang apa yang dapat diraih Manchester United pada musim ini terkait peluang mereka tampil di ajang Eropa musim 2024-2025 nanti.

Kekalahan dari Crystal Palace menjadi pukulan telak untuk peluang pasukan Erik ten Hag meraih tiket Liga Europa.

Setelah kekalahan tersebut, Manchester United kini ada di posisi kedelapan klasemen sementara dengan mengoleksi 54 poin dari 35 laga yang telah mereka mainkan.

Mereka tertinggal 6 poin dari Tottenham Hotspur yang ada di posisi kelima (zona Liga Europa) dan tertinggal 13 poin dari Aston Villa yang ada di peringkat ke-4 (zona Liga Champions).

Meski situasinya lebih sulit, musim ini belum berakhir bagi Manchester United dan peluang mereka untuk tampil di ajang Eropa juga belum tertutup.

Tentu saja, dalam hal ini bukan tiket Liga Champions karena Manchester United sudah tidak lagi memiliki peluang untuk meraihnya, melainkan tiket Liga Europa atau tiket Conference League.

Dengan sisa tiga pertandingan di Liga Inggris, dan satu laga lainnya di final Piala FA, peluang Manchester United tampil di ajang Eropa belumlah tertutup.

Ada dua jalur tentunya bagi Manchester United untuk meraih tiket tersebut. Berikut ini peta peluang Bruno Fernandes dan kawan-kawan dalam upaya meraih tiket ajang Eropa tersebut:

Jalur Liga Inggris

Liga Inggris hanya memiliki jatah empat tempat (empat besar) untuk tampil di Liga Champions.

Di posisi keempat saat ini, ada Aston Villa asuhan Unai Emery. The Villans hanya membutuhkan tiga poin lagi dari dua laga sisa mereka musim ini.

Mereka berpeluang menyusul Arsenal, Manchester City, dan Liverpool untuk tampil di Liga Champions pada 2024-2025.

Hanya Tottenham Hotspur satu-satunya rival bagi Aston Villa dalam persaingan memperebutkan tiket Liga Champions (posisi keempat klasemen Liga Inggris).

Posisi kelima dari klasemen Liga Inggris berhak untuk tampil di Liga Europa. Dan, saat ini, posisi kelima belum lepas dari jangkauan Manchester Unitd meski baru mengalami kekalahan dari Crystal Palace.

Tapi, jelas bahwa situasinya kini sangat berbeda. Manchester United menghadapi persaingan yang sangat keras dan sulit untuk meraih posisi kelima tersebut.

Tottenham Hotspur, Newcastle United, dan bahkan Chelsea, juga masih membidik tiket Liga Europa atau peringkat kelima klasemen.

Jalur Piala FA

Manchester United berhasil mencapai final Piala FA 2023-2024. Mereka akan menghadapi Manchester City dalam laga puncak yang akan digelar pada pertengahan Mei 2024 nanti.

Seperti diketahui, juara atau peraih gelar Piala FA akan mendapatkan satu tempat di Liga Europa.

Jika sang pemenang Piala FA posisi mereka ada di lima besar atau bahkan telah memastikan tiket Liga Champions, tiket Liga Europa tidak diberikan kepada runner-up.

Tiket tersebut melainkan diberikan ke klub yang posisinya lebih tinggi di klasemen akhir Liga Inggris nanti (yang berada di luar zona ajang Eropa).

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag. (Jovi Arnanda/).
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag. (Jovi Arnanda/).

Peluang Manchester United

Jadi, jika Manchester United nanti memang tidak mampu finis di lima besar tapi berhasil tampil sebagai juara Piala FA, mereka akan lolos atau mendapatkan tiket tampil di Liga Europa 2024-2025.

Lalu, jika Manchester United juga tidak menang di Piala FA, maka tiket Liga Europa juga akan diberikan kepada klub yang berada di posisi kelima dan keenam (dua tiket).

Dengan demikian, situasi tersebut membuat klub yang berada di peringkat ketujuh dapat tampil di ajang UEFA Confefrence League.

Karena itulah, Manchester United mungkin saja tidak menang di Piala FA tapi mereka akan tetap main di Conference League jika mampu finis di posisi ketujuh di akhir musim nanti.

Saat ini, Manchester United ada di posisi ke-8 dengan 54 poin, sedangkan Newcastle United yang merupakan pesaing mereka di posisi ke-6 dengan 56 poin, dan Chelsea di peringkat ke-7 dengan 54 poin.

Masing-masing dari ketiga klub tersebut sama-sama menyisakan tiga laga Liga Inggris sebelum musim ini berakhir. Demikianlah, Manchester United masih berpeluang tapi memang sangat sulit.

Tiga Laga Sisa Manchester United di Liga Inggris:

12 Mei 2024: Manchester United vs Arsenal

15 Mei 2024: Manchester United vs Newcastle United

19 Mei 2024: Brighton vs Manchester United

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat