sveosportu.com

Menang Dramatis Atas Filipina, Vietnam Tempel Indonesia

kualifikasi piala dunia 2026.jpg

- Timnas Vietnam jaga peluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia lewat kemenangan dramatis.

Menjamu Filipina di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Kamis (6/6/2024) malam, tim berjuluk The Golden Star Warriors itu unggul tipis dengan skor 3-2.

Tiga poin ini tidak didapatkan dengan mudah. Faktanya, Vietnam sempat tertinggal lebih dulu dari sang tamu, ketika Patrick Reichelt mencetak gol di menit ke-62.

Untungnya, mereka cepat merespons. Nguyen Tien Linh menyamakan kedudukan di menit ke-65, sebelum membawa tuan rumah berbalik unggul lewat brace-nya pada menit ke-78.

Namun, Timnas Filipina, yang kini jauh lebih kuat di bawah asuhan Tom Saintfient dan suntikan beberapa talenta baru, kembali mencetak gol di pengujung laga.

Tepatnya di menit ke-89, Kevin Ingreso yang mencatatkan nama di papan skor dengan memanfaatkan assist dari Jesper Nyholm.

Gol tersebut membuat para penggemar Timnas Vietnam berkeringat dingin. Pasalnya, jika skor imbang bertahan sampai peluit panjang, maka tim kesayangan mereka dipastikan gugur.

Tapi, keajaiban ternyata masih ada. Memasuki injury time, menit ke-90+5, Pham Tuan Hai muncul sebagai pahlawan Vietnam lewat gol telatnya.

Kemenangan 3-2 atas Filipina membuat Vietnam menempel Indonesia di klasemen sementara Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim asuhan Kim Sang-sik itu kini mengumpulkan 6 poin dari lima laga, hanya tertinggal satu dari pasukan Garuda (7).

Laga pamungkas, Selasa (11/6/2024) mendatang, akan menentukan nasib keduanya.

Jika Vietnam mampu mencuri kemenangan di kandang Irak, dan Indonesia secara bersamaan gagal mengatasi Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, The Golden Star Warriors lah yang lolos ke putaran ketiga.

Apabila Vietnam tak mampu merebut poin penuh di Basra, mereka harus melihat hasil akhir Indonesia versus Filipina.

Seandainya pasukan Shin Tae-yong juga imbang, Vietnam gugur. Tapi, jika Indonesia kalah, ada kemungkinan Nguyen Tien Linh dan kawan-kawan lolos dengan keunggulan selisih gol. Saat itu, koleksi poin mereka akan setara 7.

Adapun Timnas Filipina, nasib mereka sudah dikunci pasca kekalahan dari Vietnam. Belum pernah menang, The Azkals dipastikan gugur sebagai peringkat buncit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat