sveosportu.com

Albart, Maskot Resmi Euro 2024 Inspirasi Anak-anak Eropa

Albart, maskot resmi Euro 2024 berbentuk beruang lucu dengan tujuan menarik minat anak-anak untuk mencintai sepak bola (Jovi Arnanda/Skor.id).

Maskot resmi Euro 2024 diberi nama Albart usai pemungutan suara yang dilakukan oleh para pembaca UEFA.com dan anak-anak sekolah di seluruh Eropa, melalui program UEFA Football in Schools.

Boneka beruang itu mengikuti jejak besar maskot-maskot sebelumnya seperti Berni, Goaliath, Rabbit, dan Kinas, yang semuanya jadi maskot dalam turnamen Piala Eropa. 

Barnardo, Barnheart, dan Herzi von Bar (semua permainan kata dari kata Jerman untuk beruang) sebelumnya juga masuk nominasi nama maskot Euro 2024, tetapi Albart yang menang dengan 32% suara.

Hasil voting dari user UEFA.com dan anak-anak sekolah di seluruh Eropa menunjukkan Albart lebih banyak dipilih sebagai nama maskot Euro 2024 (Dok. UEFA.com).
Hasil voting dari user UEFA.com dan anak-anak sekolah di seluruh Eropa menunjukkan Albart lebih banyak dipilih sebagai nama maskot Euro 2024 (Dok. UEFA.com).

Maskot berujud beruang ini pertama kali diperkenalkan kepada penggemar di Jerman jelang pertandingan persahabatan Jerman melawan Kolombia pada 20 Juni 2023 lalu di Arena AufSchalke.

Albart juga melakukan debutnya pada hari yang sama di sebuah sekolah dasar di tempat lain di Kota Gelsenkirchen.

Maskot ini menyoroti ambisi untuk menginspirasi anak-anak di seluruh Eropa agar aktif dan mendorong kecintaan terhadap sepak bola beserta nilai-nilainya.

"Sebagai orangtua, saya tahu betapa pentingnya merangsang imajinasi anak," kata Phillip Lahm, Direktur Turnamen Euro 2024, mengenai maskot ini.

"Dengan peluncuran maskot turnamen Euro 2024, kami berharap dapat menciptakan karakter menyenangkan yang akan menginspirasi mereka untuk menikmati bermain sepak bola," mantan pemain Timnas Jerman itu menambahkan.

Maskot ini telah melakukan perjalanan bertajuk #MakeMoves di sekolah-sekolah di seluruh Eropa. 

Albart menantang siswa untuk menggunakan aktivitas fisik mereka sehingga membuat anak-anak itu bergerak. 

Anak-anak akan dapat menciptakan keterampilan dan perayaan khusus mereka sendiri, dan mengubahnya menjadi animasi maskot untuk turnamen yang menggunakan teknologi penangkapan gerak mutakhir itu.

"Anda tidak dapat meletakkan dasar bagi gerak, keceriaan, dan semangat tim sejak dini," kata Celia Sasic, Brand Ambassador Euro 2024 sekaligus Wakil Presiden DFB. 

"Sangat menyenangkan melihat UEFA menginspirasi generasi berikutnya untuk membangun kepercayaan diri, menjalani gaya hidup aktif, dan memahami pentingnya semangat tim," ucap Sasic.

"Semua pelajaran hidup penting yang akan membentuk masa depan mereka. Maskot ini akan menyampaikan pesan yang kuat," ia menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat