sveosportu.com

Michael Kagan Suguhkan Victory Lap di Almine Rech

Seniman asal Brooklyn, Amerika Serikat, Michael Kagan, menggambarkan para pembalap Formula 1 sebagai manusia super lewat pahatan di lukisannya. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Michael Kagan adalah seniman asal Brooklyn, New York, Amerika Serikat, yang mengeksplorasi batas potensi manusia. 

Lukisan-lukisannya yang dinamis dengan cermat dilapisi dengan sapuan cat cepat saat ia memvisualisasikan perjalanan emosional yang dialami oleh mereka yang menjalani kehidupan di ujung tanduk, mulai dari pembalap Formula 1 yang melaju di jalan raya sempit hingga astronot yang melintasi perbatasan terakhir.

Di Almine Rech – galeri seni kontemporer dan modern – di Monaco, terdapat pameran tunggal baru saat Kagan mengeksplorasi hubungan negara kota tersebut dengan olahraga balap. 

Sesuai dengan judulnya, Victory Lap menampilkan berbagai lukisan yang mengabadikan sensasi akhir balapan, utamanya Formula 1. Semua tahu bila F1 GP Monako adalah balapan Formula 1 prestisius nan legendaris dan sarat sejarah. 

“Subjek lukisan dan pahatan spektakulernya adalah manusia super yang berani menghadapi segala rintangan dan ketakutan dalam mengejar rekor, kecepatan, keunggulan, dan kemenangan yang obsesif dan penuh semangat,” kata Simon de Pury, kurator asal Swiss soal karya-karya Kagan. 

“Dengan melakukan hal ini (balapan), mereka mempertaruhkan nyawa dan menggalang semangat jutaan pencinta olahraga bermotor di seluruh dunia. Helm warna-warni dan pakaian balap mereka semakin menegaskan status mereka sebagai pahlawan super.” 

De Pury menjelaskan bahwa Monako adalah tempat terbaik dan tempat paling bergengsi dalam sejarah Formula 1. Jadi, tidak ada tempat dan waktu yang lebih tepat untuk mempersembahkan, untuk pertama kalinya, karya unik baru dari Michael Kagan ini. 

“Mengejutkan bahwa, selain para Futuris Italia yang mengapresiasi mobil dalam karya mereka di awal abad ke-20, hampir tidak ada seniman sekaliber mana pun yang berfokus pada dunia yang menakjubkan ini. Baru-baru ini, fotografer Jerman Andreas Gursky adalah salah satu dari sedikit pengecualian,” ucap De Pury.

Selain suasana balap (seperti saat start), Kagan juga menjadikan ekspresi pembalap F1, lengkap dengan helmnya. 

Para pembalap itu di antaranya juara dunia F1 2021, 2022, dan 2023 Max Verstappen (Oracle Red Bull Racing), Charles Leclerc (Scuderia Ferrari), kampiun F1 tujuh kali Lewis Hamilton (AMG-Petronas Mercedes), mantan pembalap yang juga juara F1 empat kali Sebastian Vettel saat masih memperkuat Red Bull, hingga mobil F1 Ferrari yang pernah digeber Michael Schumacher. 

Di luar batas galeri, kolaborasi telah terbukti menjadi pilar inti praktik Kagan. Lebih dari satu dekade yang lalu, dia telah dipilih oleh semua orang, mulai dari Pharrell Williams hingga Avant Arte, untuk membuat edisi pahatan yang berkisar pada estetika perjalanan ruang angkasa. 

Bagi mereka yang ingin menyaksikan, pameran lukisan Victory Lap akan digelar sampai 22 Juni 2024 di Almine Rech dengan alamat 20 Av. 98000, Monako.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat