sveosportu.com

Mirra Andreeva di Kepung Unggulan 8 Besar French Open 2024

Mirra Andreeva

Mirra Andreeva terus berprogres sebagai calon bintang di panggung dunia. Petenis muda asal Rusia ini sukses melangkah ke perempat final turnamen Grand Slam French Open atau Roland Garros 2024.

Andreeva lolos berkat kemenangan straight set atas wakil tuan rumah Prancis, Varvara Gracheva, 7-5, 6-2, dalam laga 16 besar di Court Suzanne Lenglen, Roland Garros, Paris, Senin (3/6/2024).

Setelah menjadi pemain termuda yang mencapai babak 16 besar Grand Slam di tiga permukaan lapangan berbeda sejak Anna Kournikova pada 1998 silam, Andreeva kini mencapai perempat final perdananya. 

“Saya tidak tahu soal itu. Saya senang bahwa saya yang pertama? Dalam 26 tahun? Oke, itu bagus,” ujar Andreeva saat diberitahu dirinya mencetak milestone usai mengalahkan Peyton Stearn di babak ketiga.

Selang dua hari, atlet 17 tahun tersebut kembali menorehkan prestasi dengan berhasil mengamankan tiket perempat final French Open. Ini kali pertama ia mampu menembus babak delapan besar Grand Slam.

Keberhasilan itu juga membuat Mirra Andreeva (17 tahun 27 hari) jadi perempuan termuda kedua di abad 21 yang melaju perempat final Roland Garros setelah Sesil Karatantcheva (15 tahun 288 hari) pada 2005.

Berbekal permainan cerdas, variatif, dan kegigihan yang tak ada habisnya, Andreeva tidak kehilangan satu set pun kecuali saat menang atas eks tunggal putri nomor satu dunia, Victoria Azarenka, di babak kedua.

Sukses lolos ke perempat final French Open 2024, Mirra Andreeva yang kini menempati ranking ke-38 WTA dipastikan bakal menembus Top 30 untuk kali pertama dalam kariernya. 

“Saya bangga atas segalanya, untuk semua pertandingan yang saya menangkan, semua yang saya mainkan. Saya akan mengatakan bahwa, misalnya, laga yang paling berkesan adalah melawan Vika (Azarenka), ketika kami menyelesaikannya sangat larut,” Andreeva menuturkan.

“Tentu itu pertandingan yang hebat. Hari ini juga  sangat intens dan (saya) gugup. (Bermain) di lapangan besar, panggung megah. Ada banyak orang menonton, jadi ya saya bangga karena bisa tetap tenang dan terus memainkan tenis dengan cara saya sendiri,” tambahnya. 

Kelolosan Mirra Andreeva melengkapi komposisi delapan besar French Open 2024. Menariknya, ia adalah satu-satunya petenis non-unggulan yang melangkah ke perempat final.

Sedangkan tujuh lainnya merupakan unggulan, yakni juara bertahan Iga Swiatek (1), Aryna Sabalenka (2), Coco Gauff (3), Elena Rybakina (4), Marketa Vondrousova (5), Ons Jaberu (8), serta Jasmine Paolini (12). 

Dan di perempat final Roland Garros pertamanya, Rabu (5/6/2024) besok, Andreeva telah ditunggu oleh Sabalenka, semifinalis tahun lalu sekaligus pemilik dua gelar Grand Slam.

Kendati harus menghadapi petenis nomor dua dunia, yang lolos usai menyingkirkan Emma Navarro (6-2, 6-3) dan berada di antara para unggulan, tak lantas membuatnya gentar.  

Perempat final Roland Garros akan menandai pertemuan ketiga Mirra Andreeva dengan Aryna Sabalenka. Dalam dua duel terdahulu, ia selalu kalah. Teranyar di babak delapan besar Madrid Open, awal Mei lalu.

Jadwal Perempat Final Tunggal Putri French Open 2024:

Selasa, 4 Juni 2024
Coco Gauff (3/AS) vs Ons Jabeur (8/Tunisia)
Iga Swiatek (1/Polandia) vs Marketa Vondrousova (5/Rep. Ceko)

Rabu, 5 Juni 2024
Jasmine Paolini (12/Italia) vs Elena Rybakina (4/Kazakhstan)
Mirra Andreeva (Rusia) vs Aryna Sabalenka (2/Belarus)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat