sveosportu.com

MotoGP Jerman 2024: Vinales Rekor Lap, Marquez Cedera

Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales

Rider Aprilia Racing Maverick Vinales jadi yang tercepat pada hari pertama Grand Prix Jerman, putaran kesembilan MotoGP 2024. Sebaliknya, Marc Marquez mengalami dua kali insiden di Sachsenring.

Vinales mencatatkan waktu lap terbaik pada sesi latihan sore MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (5/7/2024), yakni 1 menit 19,622 detik. 

Ini membuat pembalap berjuluk Top Gun tersebut mencetak rekor lap baru di Sachsenring, mematahkan torehan yang dibukukan rider Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, yakni 1:19,765, pada musim 2022. 

Maverick Vinales mengungguli bintang Prima Pramac Racing sekaligus pemimpin klasemen MotoGP 2024, Jorge Martin, dengan selisih 0,340 detik. Sedangkan rider Trackhouse Racing Miguel Oliveira ada di P3. 

Sementara Bagnaia menutup hari pertama GP Jerman di posisi kelima, terpaut 0,463 detik dari Top Gun. Sang juara bertahan finis di belakang Alex Marquez, yang baru teken kontrak baru dengan Gresini Racing.

“Sepertinya (motor) Aprilia 2024 merupakan sebuah langkah maju dibandingkan musim lalu, terutama di sini. Waktu lap saya adalah salah satu yang terbaik tahun ini. Kami dalam pace yang bagus. Saya pikir kami akan siap (bersaing),” ujar Vinales.

Di sisi lain, juara dunia enam kali kelas MotoGP Marc Marquez menderita cedera patah tulang jari telunjuk tangan kirinya akibat kecelakaan pada awal sesi latihan kedua di Sachsenring.

Insiden terjadi ketika Marquez melaju di Tikungan 11, di mana motor Ducati Desmosedici GP23 miliknya mengalami highside. Rider Gresini itu terlampar ke udara sebelum mendarat keras di aspal.

Marquez sempat kembali masuk trek untuk melanjutkan sesi, bahkan mampu memuncaki leaderboard dengan catatan 1:20,384. Namun, tidak beberapa lama, ia kembali ke pit dan tidak menuntaskan latihan. 

The Baby Alien kemudian datang ke medical center. Diketahui, ia mengalami cedera patah jari tangan dan memar pada tulang rusuknya. Namun ia dinyatakan fit untuk melanjutkan partisipasinya dalam GP Jerman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat