sveosportu.com

Mural Dekat Anfield Bentuk Apresiasi untuk Jurgen Klopp

Mural pelatih Liverpool Jurgen Klopp terlihat di dekat Stadion Anfield, kandang The Reds. (M. Yusuf/Skor.id)

– Setelah sembilan tahun melatih Liverpool FC, Jurgen Klopp akhirnya memutuskan pergi pada akhir musim 2023-2024 ini. Penggemar The Reds sepertinya akan sulit melupakan jasa pria asal Jerman yang berada di Stadion Anfield sejak awal Oktober 2015. 

Sembilan trofi sudah dipersembahkan Klopp untuk Liverpool, termasuk sejumlah gelar bergengsi seperti Liga Champions (2018-2019) dan Liga Inggris (2019-2020). 

Itulah mengapa para penggemar Liverpool memberikan apresiasi begitu besar untuk Klopp. Salah satunya dilakukan seniman Mark Roe. Awal Mei lalu, ia menunjukkan mural Klopp yang diletakkan di sebuah lokasi yang dekat dengan Anfield, tepatnya di sisi gedung Phoenix Hotel.

Memakai cat semprot, Roe membuat lukisan Klopp mengenakan jaket dan topi (yang menjadi salah satu ciri khasnya) berwarna hitam dengan tangan kanan di dada, seperti sedang memberi hormat. 

Latar belakang lukisan itu adalah pintu gerbang pagar Anfield yang bertuliskan semboyan Liverpool, You’ll Never Walk Alone. Di sisi kanan atas terdapat tulisan “We believed” sedangkan di sisi kiri tertulis The Phoenix Hotel x MurWalls

MurWalls, yang didirikan Marc Silver pada 2019, merupakan merek street art yang berisikan seniman-seniman terbaik Inggris. MurWalls juga menjadi merek street art pertama yang memiliki lisensi resmi dengan klub Liverpool

Dalam keterangannya kepada Sky Sports, Roe menjelaskan bila mural Klopp itu merupakan bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pelatih berusia 56 tahun. 

“Ia sudah memberikan segalanya untuk klub dan kota ini lewat sejumlah trofi dan gelar bergengsi. Gairah publik untuk mendukung klub kembali tinggi. Selain itu, Klopp juga sudah memberikan warna berbeda di sepak bola Inggris, khususnya liga,” ujar Roe. 

Karya Roe dan tim MurWalls-nya di dekat Hotel Phoenix ini bukan satu-satunya  mural Klopp. Januari silam, MurWalls juga membuat mural Klopp di Randolph Street yang berada di belakang Anfield. 

Setelah Klopp memutuskan meninggalkan Liverpool pada akhir musim 2023-2024, mural itu pun mengalami pembaruan. Tulisan “BOSS y’know he said so” tetap dipertahankan.

Namun, dengan teknologi pengaturan cahaya, mural itu kini tampak menyala pada malam hari. Dengan memakai semacam proyektor, kini mural itu juga mampu menampilkan sejumlah kalimat yang berisi ucapan terima kasih untuk Klopp berikut sejumlah pencapaiannya bersama Liverpool.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat