sveosportu.com

Nike Dunk High Wu-Tang Akan Hadir Kembali Musim Gugur 2024

Nike Dunk High "Wu-Tang" edisi 1999 (Hendy Andika/Skor.id).

– Salah satu sepatu kets Nike yang paling terkenal segera hadir kembali. Indikasinya terlihat pada postingan terbaru dari akun Instagram resmi merek tersebut belum lama ini.

Sepatu tersebut adalah Nike Dunk High “Wu-Tang”, yang diumumkan oleh Nike Sportswear sebagai perilisan ulang pada akun Instagram resminya, 30 Juni 2024 lalu. 

Awalnya diproduksi pada tahun 1999 sebagai koleksi eksklusif untuk teman dan keluarga Klan Wu-Tang, gaya ini telah mencapai status legendaris di kalangan kolektor sepatu kets dan penggemar musik hip-hop.

Detail spesifik seputar versi asli 1999 memang agak kabur, karena budaya sneaker belum menjadi fenomena umum, dan internet belum mampu mendokumentasikan tren terbaru. 

Beberapa catatan mengenai iterasi tahun 1999 menunjukkan hanya ada 36 pasang sepatu yang diproduksi, mengacu pada album debut Klan Wu-Tang, Enter the Wu-Tang (36 Chambers)

Namun, mantan karyawan Nike, Drew Greer, yang mengerjakan sneaker tersebut pada 2021 mengatakan sebenarnya sepatu tersebut dibuat 100 pasang.

Sneaker ini sendiri merupakan desain ulang dari Nike Dunk High asli dari tahun 1985.

Bagian dari seri asli “Be True to Your School Series”, jalur warna Dunk High hitam-kuning, diciptakan untuk University of Iowa. 

Dibuat secara tradisional dari kulit, sepatu ini juga dijuluki “Goldenrod” dan telah mengalami berbagai pengerjaan ulang sejak rilis aslinya pada tahun 1985.

Versi langka sepatu Wu-Tang Clan menampilkan logo grup tersebut pada bagian lidahnya dan juga sulaman pada bagian tumit.

Lantaran sifatnya yang sangat terbatas, Nike Dunk High “Wu-Tang” asli jarang muncul di pasar purnajual. 

Sepasang ukuran 7,5 saat ini masih tersedia dari situs lelang Sotheby's seharga 27.500 dolar AS (Rp446 juta).

Nike Dunk High “Wu-Tang” model yang akan datang belum pernah dirilis ke publik, namun postingan Instagram ini sepertinya memberi isyarat akan adanya perilisan baru. 

Nike biasanya tidak mengumumkan proyek kolaborasi besar seperti ini di akun Instagram.

Namun merek sportswer raksasa tersebut baru-baru ini bereksperimen dengan cara untuk mendahului kebocoran informasi dengan fitur seperti SNKRS Showcase.

Menurut akun pembocor sneaker, @zsneakerheadz, Nike Dunk High “Wu-Tang” model terbaru akan dirilis pada musim gugur (antara akhir September-akhir Desember) 2024. 

Harga retail untuk warna “Black/Pollen/White” sejauh ini belum bisa dikonfirmasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat