sveosportu.com

Nikola Jokic Terpilih sebagai MVP NBA 2023-2024

Nikola Jokic

– Pebasket Denver Nuggets asal Serbia, Nikola Jokic, kembali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik (MVP) NBA untuk yang ketiga kalinya.

Center andalan Nuggets itu mengumpulkan suara terbanyak dari hasil voting pemilihan MVP NBA 2023-2024. 

Jokic menempati posisi teratas usai meraih 926 suara, mengungguli Bintang Oklahoma City Thunder, Shai Gilgeous-Alexander (640 suara) dan point guard Dallas Mavericks, Luka Doncic (566 suara).

Sebelumnya, atlet bertinggi badan 211 cm itu merupakan MVP NBA 2021 dan 2022. Tahun lalu, ia menjadi runner-up, kalah dari center Philadelphia 76ers Joel Embiid.

“Ini harus dimulai dengan rekan satu tim tanpa mereka, saya tidak bisa berbuat apa-apa,” kata Jokic setelah terpilih sebagai MVP

“Pelatih, pemain, organisasi, staf medis, pelatih kekuatan, pelatih pengembangan. Itu semua adalah satu lingkaran besar. Tapi saya tidak bisa menjadi apa pun tanpa mereka.”

“Ada banyak pemain yang pantas mendapatkannya. Mungkin detail dan hal-hal kecil (yang menentukannya),” tuturnya.

Pencapain ini pun menjadikan Jokic sebagai pemain berposisi center pertama dalam enam dekade yang memenangkan MVP tiga kali dalam empat musim. 

Jokic juga menjadi pemain kesembilan dalam sejarah NBA yang menyabet setidaknya tiga MVP, bergabung dengan Karim Abdul-Jabbar (6), Michael Jordan (5), Bill Russell (4), LeBron James (4), Wilt Chamberlain, Moses Malone, Larry Bird dan Magic Johnson.

Di musim kesembilannya, Jokic memainkan 79 pertandingan. Catatan ini yang terbanyak kedua sejak musim 2018-2019 di mana ia tampil dalam 80 pertandingan. 

Ia bergabung dengan Wilt Chamberlain sebagai satu-satunya pemain dalam sejarah NBA yang finis di lima besar dalam total poin (kelima), rebound (ketiga) dan assist (kedua) dalam beberapa musim.

Jokic juga menjadi pemain kedua yang mencatatkan 2.000 poin, 900 rebound, dan 600 assist dalam satu musim, bergabung dengan Oscar Robertson.

Statistik Jokic di NBA 2023-2024 juga tak kalah mentereng. Ia rata-rata mencetak 26,4 poin, 12,4 rebound, dan 9,0 assist. Dan semuanya berada di 10 besar di setiap kategori statistik.

“Sulit untuk membedakan kehebatan dari kehebatan dari kehebatan,” kata pelatih Nuggets, Michael Malone saat ditanya soal kehebatan Jokic dibanding dari musim MVP sebelumnya. 

“Dan itulah yang dia alami selama beberapa tahun. Saya tahu dalam enam tahun terakhir, kami sejauh ini memiliki rekor terbaik di Wilayah Barat dan hanya berada di urutan kedua di belakang NBA, menurut saya, di belakang Milwaukee (Bucks) pada waktu itu.” 

Tetapi Nikola Jokic yang dikenal memiliki kepribadian rendah hati, sering mengatakan bahwa dia tidak peduli dengan penghargaan individu, melainkan yang terpenting adalah gelar juara. 

Pebasket 29 tahun itu bertekad ingin kembali membawa Nuggets menjadi juara seperti tahun lalu.

Kesempatan itu pun terbuka lebar setelah Denver Nuggets berhasil lolos ke Semifinal Wilayah Barat NBA 2023-2024. 

Sayangnya, Nikola Jokic dan kolega harus ekstra kerja keras karena kini Nuggets masih tertinggal 0-2 dari Minnesota Timberwolves dalam format best-of-seven untuk melaju ke Final Wilayah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat