sveosportu.com

Militansi North Side Boys 12 untuk Kesuksesan Bali United

Serial Suporter, artikel khas Skor.id tentang pendukung klub segala level dari Liga Indonesia

- Bali United menjadi salah satu tim yang lolos ke Championship Series Liga 1 2023-2024. Keberhasilan itu diraih tak lepas dari faktor keperkasaan di kandang.

Tim berjuluk Serdadu Tridatu meraih 12 kemenangan dari 17 laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada babak reguler Liga 1 2023-2024 (sisanya 2 seri dan 3 kalah).

Keperkasaan Bali United di kandang tidak lepas dari hadirnya suporter yang mendukung langsung. Salah satu faksi suporter Bali United adalah North Side Boys 12 atau NSB12.

Kelompok suporter ini selalu setia mendukung Ricky Fajrin dan kawan-kawan berjuang, hingga penghuni tetap tribune sektor 12 bagian utara Stadion I Wayan Dipta.

NSB12 pertama kali muncul pada akhir tahun 2015. Dengan memiliki slogan “Solidarity is Power”, mereka hadir tanpa dikomandoi dan tidak memiliki organisasi terstruktur.

Dari situs resmi North Side Boys 12, keberadaan NSB12 sebagai pendukung Bali United dimulai dengan 10 orang. Kala itu mereka berbagi tempat dengan suporter PSM Makassar.

"NSB12 yang saat itu datang tidak lebih dari 10 orang diharuskan berbagi tribune dengan PSM Fans di PJS Cup. Dengan jumlah cukup kecil, kami berusaha untuk mendukung," tulisnya.

"Dengan pasion, kami bernyanyi lantang 2x45 menit. Hingga sedikit demi sedikit, teman-teman mulai datang dengan passion yang sama hingga semua itu terjalin harmonis sampai saat ini."

Dalam sebuah wawancara di channel Youtube Footytraveller, salah satu suporter menyebutkan jika mereka memilih untuk berada di jalur independen tanpa berafiliasi dengan manajemen tim.

Upaya itu diambil agar North Side Boys 12 memiliki keleluasaan dalam mendukung dan mengkritik tim yang mereka banggakan.

Selain dengan dukungan nyanyian sepanjang 90 menit selama Bali United berlaga, NSB12 juga sering kali menghadirkan beberapa koreo dalam memberikan semangat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat