sveosportu.com

Juara Conference League, Jose Luis Mendilibar Catat Rekor

Jose Luis Mendilibar membawa Olympiakos menjuarai Europa Conference League. (Yusuf/Skor.id).

- Pelatih Olympiakos, Jose Luis Mendilibar, meraih prestasi mentereng di kompetisi Eropa, setelah berhasil memenangi Europa Conference League (Liga Konferensi Eropa) musim 2023-2024.

Pertandingan final Europa Conference League 2023-2024 mempertemukan antara Olympiakos vs Fiorentina.

Pertemuan antara Olympiakos vs Fiorentina terjadi di Opap Arena, Athena, Kamis (30/5/2024) dini hari WIB.

Melalui laga sengit, Olympiakos akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Fiorentina melalui gol tunggal Ayoub El Kaabi di menit ke-116.

Hasil ini membuat Olympiakos berhasil meraih gelar pertama mereka di kompetisi Eropa, sepanjang sejarah berdirinya klub tersebut.

Selain itu, trofi Conference League musim ini membuat Jose Mendilibar mencatatkan rekor dengan meraih dua piala kompetisi Eropa secara beruntun.

Musim lalu, Jose Mendilibar berhasil meraih gelar juara Liga Europa, setelah membantu Sevilla berjaya.

Sevilla yang sempat terseok-seok di awal musim kemudian dibuat bangkit oleh Jose Luis Mendilibar di kompetisi Eropa, dan berhasil memenangi Liga Europa 2023-2024.

Olympiakos juara Europa Conference League 2023-2024 setelah mengalahkan Fiorentina. (Yusuf/).
Olympiakos juara Europa Conference League 2023-2024 setelah mengalahkan Fiorentina. (Yusuf/).

Kala itu Sevilla bermain imbang 1-1 melawan AS Roma di Puskas Arena, Budapest, pada laga final, sebelum akhirnya menang adu penalti 4-1.

Tambahan trofi Conference League ini menjadi trofi kedua bagi Jose Luis Mendilibar, setelah trofi Liga Europa bersama Sevilla.

Sementara itu, bagi Olympiakos yang akan berusia 100 tahun pada 10 maret 2025, trofi ini menambah variasi koleksi gelar mereka selain 47 trofi Liga Yunani, 28 Piala Yunani, dan 4 Piala Super Yunani.

Jose Mendilibar menjadi pelatih kelima yang mencapai final kompetisi Eropa dengan tim berbeda setelah Sven-Goran Eriksson (Gothenburg, Benfica), Hector Cuper (Mallorca, Valencia), Rafael Benitez (Valencia, Liverpool), dan Thomas Tuchel (PSG, Chelsea).

Namun, hanya Rafael Benitez dan Jose Luis Mendilibar yang berhasil memenangi dua final tersebut.

Kemenangan di ajang Conference League ini membuat Olympiakos akan berlaga di kompetisi Liga Europa musim depan.

Sementara itu, Fiorentina membuat catatan kurang mengesankan, setelah kalah dari Olympiakos di final Conference League.

Fiorentina menjadi klub pertama yang menjadi runner-up di kompetisi Eropa secara beruntun, sejak Benfica di Liga Europa 2012-2013 dan 2013-2014.

I Viola akan kembali berkompetisi di Conference League musim depan, setelah dua musim beruntun kalah di final. Musim lalu mereka kalah dari West Ham United di final.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat