sveosportu.com

OOF Gelar Pameran Seni Kaus Sepak Bola

Pameran memeringati seabad seni kaus sepak bola akan digelar di OOF Galery, London, Inggris, dalam waktu dekat. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

– Saat ini, tidak terlalu banyak seniman yang menjadikan kaus sepak bola sebagai kanvas. Itulah yang membuat pemasok segala hal yang berhubungan dengan sepak bola dan seni, OOF, mengadakan pameran bertajuk Tops Off: A Century of Football Shirt Art (Tops Off: Satu Abad Seni Kaus Sepak Bola). 

Seiring berkembangnya dunia budaya sepak bola kreatif, sepak bola dan seni menjadi semakin dekat. Salah satu area hal ini terlihat jelas adalah melalui kaus yang dikenakan. 

“Simbol, penanda, baju besi, fesyen: kaus sepak bola ada di mana-mana, dan bisa berarti apa saja,” kata OOF saat mereka mengumumkan pameran baru yang merayakan semakin eratnya hubungan intrinsik antara kedua dunia. 

Acara ini bertujuan untuk melihat bagaimana para seniman mengeksplorasi kekuatan, keberadaan, dan pengenalan kaus sepak bola selama 100 tahun. 

Dari konstruktivisme pada era 1920-an hingga konseptualisme pada 2020-an, pameran ini akan merayakan satu abad kaus sepak bola yang digunakan untuk mengkomunikasikan ide-ide komunitas, rasa memiliki, dan estetika. 

Pameran ini akan menampilkan beberapa karya familiar seperti dari Diana Al-Shammari, alias The Football Gal, yang baru-baru ini kembali mencuat karena karyanya dengan Jules Kounde (bek FC Barcelona) , dan juga satu-satunya kaus emas spesial Messi Argentina yang dibuat oleh Fokohaela. 

Dalam rilis resminya, OOF menyatakan bila lukisan dengan kanvas kaus tim sepak bola ini dimulai dengan desain eksperimental dan radikal dari Varvara Stepanova untuk perlengkapan sepak bola di awal era Uni Soviet. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat