sveosportu.com

Tantangan Berat Panjat Tebing Indonesia Jelang Olimpiade

Raji'ah Sallsabillah

- Panjat tebing Indonesia harus menghadapi tantangan berat jelang bergulirnya Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Hal ini dikarenakan salah satu atlet, Raji'ah Sallsabillah masih terganggu oleh cedera punggung yang dialaminya.

Cedera tersebut sudah dirasakan Sallsabilla bahkan sejak dirinya turun di Olympic Qualifier Series yang berlangsung di Budapest, Hongaria pada Juni lalu.

Sallsabillah sendiri berhasil mengamankan tiket lolos ke Olimpiade setelah menempati peringkat ketiga dalam klasemen akumulasi nomor speed putri Olympic Qualifier Series.

"Saya ingin minta doa dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya untuk Sallsabillah karena sekarang sedang cedera punggung. Jadi tulang punggungnya, di lumbarnya itu cedera," ujar Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid.

Karena waktu persiapan yang tersisa sudah tak banyak, Sallsabillah hanya menjalani terapi untuk mengurangi rasa sakit dari cederanya.

Pasalnya jika melakukan pengobatan lebih lanjut untuk memulihkan cederanya, Sallsabillah ditakutkan tidak bisa lolos dalam tes doping yang nanti akan dilakukan jelang pertandingan di Paris.

"Namun karena waktu yang tersisa cuma sebulan, tidak banyak yang bisa kita lakukan. Kecuali melakukan terapi-terapi, mencegah sakit. Tapi untuk mengobati sakitnya sendiri nggak bisa," lanjut Yenny.

"Karena kemudian akan berdampak pada obat-obatan yang dia akan konsumsi dan lain sebagainya. Takutnya nanti malah enggak lolos doping."

Yenny pun mengapresiasi perjuangan Sallsabillah yang tetap berusaha tampil maksimal di tengah rasa sakit yang luar biasa.

Untuk itu, Yenny sekali lagi meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia agar Raji'ah Sallsabillah dan atlet panjang tebing lainnya bisa meraih prestasi yang diharapkan meski harus melewati berbagai tantangan.

"Sallsabillah ini sebetulnya sangat-sangat menderita. Tapi semangatnya lah yang membuat dia tetap bertahan," Yenny bercerita.

"Bahkan kemarin waktu pertandingan kualifikasi di Budapest itu, dia kesakitan luar biasa. Saya bisa lihat dari mukanya. Saya lihat dia aja sampai mau nangis, karena tahu sakitnya seperti apa."

"Tapi dia tetap berjuang untuk Indonesia. Jadi mohon, doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar Sallsabillah bisa optimal dan sakitnya tidak dirasakan. Sehingga dia bisa berpestasi sesuai dengan harapan kita semua," ujar Yenny berharap.

Selain Raji'ah Sallsabillah, Indonesia meloloskan tiga wakil lainnya di cabang olahraga panjat tebing pada Olimpiade 2024.

Desak Made Rita Kusuma Dewi akan menemani Salsabillah tampil di nomor speed putri.

Sedangkan Rahmad Adi Mulyono dan Veddriq Leonardo akan mewakili Indonesia di nomor speed putra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat