sveosportu.com

Fabio Pecchia Bawa Parma Kembali ke Seri A

Fabio Pecchia, pelatih Parma. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Parma Calcio kembali ke Liga Italia (Seri A). Setelah tiga tahun absen di level tertinggi sepak bola Italia, I Gialloblu datang lagi.

Musim depan atau 2024-2025, Parma akan bertarung kembali dengan klub-klub besar seperti Inter Milan, Juventus, AC Milan, AS Roma, atau Lazio.

Di balik sukses Parma, ada sosok pelatih yang sudah tidak asing lagi di sepak bola Italia: Fabio Pecchia. Pria berusia 50 tahun ini adalah kunci sukses Parma promosi ke Liga Italia.

Pria kelahiran Formia (Italia) ini memang spesialis dalam membawa tim-tim promosi ke Liga Italia.

Pertama, Fabio Pecchia yang membawa Hellas Verona promosi ke Liga Italia pada 2016-2017. Klub kedua yang dibawanya kembali ke Liga Italia (promosi) adalah Cremonese pada 2021-2022.

Dan, kini, Fabio Pecchia pula yang berhasil membawa Parma kembali ke Liga Italia setelah memastikan tiket tersebut pada Rabu (2/5/2024) atau Kamis dini hari ini WIB.

Hasil imbang 1-1 dalam laga lawan Bari di pekan ke-36 memang sudah cukup memastikan tempat bagi Parma ke Liga Italia. I Gialloblu kini di posisi pertama klasemen sementara dengan mengoleksi 74 poin.

Jumlah tersebut tidak akan terkejar lagi oleh Venezia yang ada di peringkat ke-3 dengan koleksi 67 poin ketika kompetisi tinggal menyisakan dua pertandingan.

Parma sekaligus menjadi tim pertama dari Seri B 2023-2024 ini yang memastikan diri lolos. Tinggal tersisa satu tempat lewat promosi otomatis dan dua melalui play-off.

Como, Venezia, Cremonese, hingga Catanzaro masih akan bertarung untuk memperebutkan tiket terisa tersebut untuk promosi ke Liga Italia (Seri A).

"Promosi bersama Parma adalah perjuangan promosi yang lebih sulit," kata Fabio Pecchia, terkait suksesnya membawa Parma kembali ke Liga Italia dan membandingkan dengan dua klub sebelumnya.

"Dengan mengoleksi 73 poin (sebelum hasil 1-1 lawan Bari), dengan dua laga yang masih tersisa, kami masih harus memastikan tiket promosi dan ini membuktikan bahwa Seri B adalah kompetisi yang sangat keras dan sulit," kata Fabio Pecchia lagi, kepada Sky Sport.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat