sveosportu.com

PBSI Targetkan Tradisi Medali Berlanjut di Olimpiade 2024

6 Wakil Tim Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade 2024

– PBSI menargetkan tim bulu tangkis Indonesia bisa mempertahankan tradisi meraih medali di Olimpiade Paris 2024.

Cabang olahraga tepuk bulu memang masih diandalkan untuk menyumbangkan medali bagi Indonesia di multievent olahraga paling bergengsi tersebut.

Bahkan, tradisi medali emas Olimpiade untuk Indonesia dari cabor bulu tangkis diharapkan bisa terus berlanjut di Paris, Prancis nanti.

Sekretaris Jenderal PP PBSI, M. Fadil Imran pun mengungkapkan bahwa tim bulu tangkis Merah Putih berusaha semaksimal mungkin agar bisa menyumbangkan medali dan memenuhi harapan masyarakat Indonesia. 

“Berbicara target tentu kita ingin berusaha yang sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang diharapkan rakyat Indonesia,” ujar Fadil di Pelatnas PBSI Cipayung, Kamis (11/7/2024).

“Kalau ditanya target, pasti kita akan berusaha yang terbaik, ikhtiar dan doa sudah kita lakukan. Saya berharap akan ada hasil sesuai yang kita harapkan minimal tradisi mendapatkan medali bisa kita pertahankan,” imbuhnya.

Demi memenuhi targetnya, PBSI telah melibatkan banyak pihak untuk berkontribusi membantu mempersiapkan performa para atlet. Termasuk pembentukan Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024 yang sudah bekerja sejak awal tahun.

Selain itu, PBSI juga sudah melangsungkan simulasi pertandingan Olimpiade sebanyak tiga kali demi mematangkan kesiapan permainan dan mentalitas Jonatan Christie cs.

“Semua usaha sudah kami lakukan, membuat Tim Ad Hoc, mengajak para ahli di bidangnya mulai dari psikolog, sport science, performance analysist, hingga melakukan simulasi dengan segala skenario dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di lapangan nanti. Ini penting karena Olimpiade bukan hanya soal teknis tetapi juga mental dan psikologis,” Fadil melanjutkan.

“Saya berpesan ke atlet untuk selalu bermain dengan gembira, hati yang nyaman, rileks, dan yakin karena kita telah bekerja keras selama satu tahun dan mempersiapkannya dalam beberapa bulan ke belakang dengan sangat serius, sisanya kita akan serahkan kepada Allah SWT.”

“Sekali lagi mohon doa dan dukungan dari seluruh bangsa Indonesia, semoga lagu Indonesia Raya dan bendera Merah Putih akan berkibar di Paris,” tuturnya.

Tim bulu tangkis Indonesia sendiri dijadwalkan berangkat ke Paris pada 13 Juli 2024.

Sebelum tampil di Olimpiade 2024, Skuad Merah Putih bakal menjalani pemusatan latihan terlebih dahulu di Chambly yang terletak di kawasan utara Prancis dan berjarak sekitar 41 km dari Paris.

Setibanya nanti di Chambly, para atlet ingin fokus terlebih dahulu menjalani program-program latihan untuk menjaga performa baik dari segi teknis maupun non-teknis.

“Saya pribadi nanti ingin bagaimana kami menjalankan hari demi hari pada saat kami di Chambly dan saat kami di athlete village karena akan berbeda hawanya di Olimpiade,” ujar Apriyani Rahayu.

“Jadi kami menyiapkan ke mental kami dan saya pribadi excited. Saya berusaha mengontrol itu supaya di sana itu tidak terlalu menggebu-gebu dan kami ingin nikmati hari demi hari di sana.” 

“Sekiranya kami bisa me-maintance dengan baik kondisi kami, bukan hanya kondisi permainan kami tetapi juga kondisi mentalitas dan psikologis kami juga harus seimbangkan,” tutur andalan Indonesia di nomor ganda putri ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat