sveosportu.com

Hasil Drawing BCL Asia 2024, Pelita Jaya Masuk Grup B

Pelita Jaya Jakarta to BCL Asia 2024

  – Pengundian (drawing) babak utama Basketball Champions League Asia telah dilakukan di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Jumat (31/5/2024). Hasilnya, Pelita Jaya Basketball tergabung di Grup B. 

Klub yang mewakili Indonesian Basketball League (IBL) itu berada dalam satu grup dengan tim-tim kuat, yakni Hiroshima Dragonflies dan Busan KCC Egis. 

Dragonflies merupakan kampiun Liga Basket Divisi Utama Jepang atau B1 League musim 2023-2024. Klub yang dilatih oleh Kyle Milling tersebut mengalahkan juara bertahan Ryukyu Golden Kings di laga final. 

Sementara itu, KCC Egis adalah raksasa Liga Basket Korea Selatan (KBL). Tim yang berbasis di Busan ini telah enam menjadi juara, termasuk pada musim 2023-2024. 

Satu lagi klub yang akan jadi rival Pelita Jaya di Grup B adalah runner up West Asia Super League (WASL), yang kompetisinya kini sudah memasuki babak empat besar sehingga masih harus menunggu hasil final.

Nantinya, WASL diwakili tim juara dan runner-up. Mereka yang lolos ke semifinal yakni Kuwait Sports Club (Kuwait), Shahrdari Gorgan (Iran), Al Riyadi (Lebanon), dan Sagesse Club (Lebanon). 

BCL Asia 2024 terdiri dari dua grup, masing-masing empat tim. Liaoning Flying Leopards (juara Liga Basket Cina/CBA), NS Matrix Deers (Malaysia), tuan rumah Shabab Al Ahly, dan juara WASL menghuni Grup A.

Pelita Jaya sendiri lolos ke babak utama BCL Asia tahun ini setelah sukses keluar sebagai pemenang babak kualifikasi dengan rekor perfek. Andakara Prastawa dan kawan-kawan tak terkalahkan dalam enam game.

Babak utama BCL Asia 2024 akan diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab, dan dijadwalkan berlangsung pada 9-15 Juni mendatang.

Seperti dikutip dari laman Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), fase penyisihan akan menggunakan sistem round robin. Masing-masing tim di Grup A dan B saling bertemu atau melakoni tiga pertandingan.

Kemudian, dua tim teratas dari setiap grup berhak untuk melaju ke babak semifinal, di mana juara Grup A bertemu dengan runner-up Grup B dan sebaliknya. Pemenang dua game itu bakal bentrok di laga final. 

“Pemenang Final akan dikukuhkan sebagai juara Basketball Champions League Asia dan berhak mewakili benuanya di ajang FIBA Intercontinental Cup,” demikian bunyi pernyataan FIBA. 

Hasil Drawing Babak Utama Basketball Champions League Asia 2024:

Grup A
Liaoning Flying Leopards (Cina)
Shabab Al Ahli (UEA)
NS Matrix Deers (Malaysia)
Juara WASL 

Grup B  
Hiroshima Dragonflies (Jepang)
Runner Up WASL
Busan KCC Egis (Korsel)
Pelita Jaya Basketball (Indonesia)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat