sveosportu.com

Peluang Chelsea Tembus Liga Champions hingga Liga Europa

Melihat peluang Chelsea lolos ke kompetisi Eropa (Liga Champions dan Liga Europa). (Hendy Andika/Skor.id)

- Penampilan Chelsea sepanjang musim 2023-2024 ini mengalami pasang surut, mereka bermain inkonsisten sehingga terlempar dari perburuan gelar juara Liga Inggris.

Tak hanya terlempar dari persaingan gelar Liga Inggris, Chelsea juga terancam tak bisa tampil di ajang Liga Champions musim depan karena mereka jauh di belakang peringkat empat besar klasemen Liga Inggris.

Sementara ini Chelsea masih duduk di peringkat kesembilan klasemen Liga Inggris dengan koleksi 47 poin, hasil dari 13 kemenangan, delapan kali imbang, dan 10 kekalahan di Liga Inggris.

Penampilan Chelsea memang cukup membaik dalam 10 pertandingan terakhir di berbagai kompetisi, mereka hanya mengalami satu kekalahan, empat kali imbang, dan lima kali meraih kemenangan.

Pada pertandingan terakhir mereka di ajang Liga Inggris, Chelsea bahkan meraih kemenangan telak ketika berpesta enam gol tanpa balas ke gawang Everton.

Hasil ini membuat Chelsea berpeluang merangsek ke posisi enam besar, mereka baru memainkan 31 laga dan jika menang maka koleksi poin The Blues menjadi 50, menyamai poin Newcastle United (32 laga), dan Manchester United (32 laga).

Namun, saat ini mereka masih berjarak 13 poin dari Tottenham Hotspur di peringkat kelima klasemen Liga Inggris dengan koleksi 60 poin.

Jika membicarakan peluang, Chelsea memang masih memiliki kesempatan tipis untuk finis di peringkat empat besar dan lolos ke kompetisi Liga Champions.

Peringkat keempat saat ini masih dihuni oleh Aston Villa dengan yang mengumpulkan 63 poin dari 33 pertandingan, atau dengan kata lain dua laga lebih banyak dari Chelsea.

Jika Aston Villa menyapu bersih lima laga tersisa, mereka akan mendapat perolehan 15 poin, dan finis dengan koleksi total 78 poin.

Sementara itu Chelsea yang kini baru bermain 31 kali dengan koleksi 47 poin, masih memiliki tujuh pertandingan tersisa, dan bisa memperoleh tambah 21 poin jika menyapu bersih semua laga.

Artinya The Blues bisa mendapatkan 68 poin di akhir musim jika mampu menyapu semua pertandingan tersisa dengan kemenangan.

Meski begitu, hasil tersebut tidak cukup untuk melewati perolehan poin Aston Villa, atau Tottenham Hotspur yang juga berpeluang mengoleksi 78 poin dengan syarat sapu bersih laga.

The Blues pun harus mempertahankan performa mereka saat ini, di sampung berharap para pesaing mereka terpeleset dari persaingan posisi empat besar.

Anak asuh Mauricio Pochettino masih memiliki kesempatan realistis tampil di kompetisi Eropa musim depan yakni di Liga Europa.

Tim peringkat lima klasemen akhir Liga Inggris berhak melaju ke kompetisi Liga Europa musim depan, kesempatan tersebut juga bisa mereka dapatkan jika memenangi Piala FA.

Musim ini Chelsea akan berhadapan dengan Manchester City di babak semifinal Piala FA, jalan berat lain yang harus mereka tempuh untuk tampil di kompetisi Eropa.

Chelsea sebenarnya bisa saja memperoleh tiket ke ajang Conference League, tetapi pada pertandingan final Piala Liga Inggris, mereka dikalahkan oleh Liverpool.

Perjalanan Chelsea dalam meraih tiket kompetisi Eropa (Liga Champions atau Liga Europa) musim depan ditentukan dalam tujuh laga terakhir di Liga Inggris, dan kiprah mereka di Piala FA musim ini.

Berikut ini tujuh pertandingan tersisa Chelsea di Liga Inggris 2023-2024:

1. Arsenal vs Chelsea
2. Aston Villa vs Chelsea
3. Chelsea vs Tottenham Hotspur
4. Chelsea vs West Ham United
5. Nottingham Forest vs Chelsea
6. Brighton vs Chelsea
7. Chelsea vs Bournemouth

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat