sveosportu.com

Perenang Indonesia Joe Aditya Ungkap Target di Olimpiade

Joe Aditya Wijaya Kurniawan-Olimpiade 2024

– Atlet renang Indonesia, Joe Aditya Wijaya Kurniawan, bakal bersiap melakoni penampilan debutnya di Olimpiade pada tahun ini di Paris, Prancis.

Joe menjadi satu dari dua atlet Indonesia terakhir yang dinyatakan lolos ke Olimpiade 2024. Bersama perenang putri Azzahra Permatahani, ia mengamankan tiket ke Paris dengan memanfaatkan alokasi Universality Place. 

Perenang 22 tahun itu nanti akan bersaing di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra dalam Olimpiade Paris yang akan mulai bergulir pada 26 Juli 2024. 

Joe cukup tak menyangka akhirnya bisa mentas di multievent olahraga paling bergengsi di dunia. Apalagi, ia lolos di detik-detik terakhir’ jelang berakhirnya ajang kualifikasi menuju Paris 2024.

“Suatu kebanggaan bagi saya bisa membawa nama indonesia di olahraga renang yang merupakan olahraga yang saya cintai,” kata Joe soal pencapaiannya.

“Pastinya karena kita yang paling terakhir (lolos ke Olimpiade) adalah kejutan juga ya karena bisa terpilih untuk mewakili Indonesia.”

Terkait target, Joe Aditya berambisi bisa mencetak rekor nasional (rekornas) yang baru dalam penampilan perdananya di Olimpiade. 

Melalui target tersebut, ia berharap dapat memberikan banyak poin tambahan untuk memperbaiki peringkat tim renang Indonesia di World Aquatics (Federasi Renang Dunia).

“Fokus saya di Olimpiade pasti mengejar rekor pribadi dan memberikan ranking untuk Indonesia secara kesuluruhan di dunia, di olahraga renang ini, karena Indonesia sendiri memang masih lebih tertinggal,” imbuh Joe.

“Dan targetnya mencetak rekor nasional dan insyaallah bisa masuk semifinal.”

Joe sendiri tercatat masih menjadi pemegang rekornas untuk nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra.

Ia sukses memecahkan rekornas dengan catatan 52,75 detik yang ditorehkan saat turun dalam Kejurnas 5th Indonesia Open Aquatic Championship atau IOAC 2023 pada Desember lalu.

Sebagai persiapan akhir menuju Paris, Joe akan fokus mematangkan teknik secara detail dan menjalani beberapa uji coba. Sebelumnya, ia dan perenang Indonesia lainnya sudah menjalani pemusatan latihan di Amerika Serikat selama Mei-Juni 2024.

“Karena Olimpiade sudah sebentar lagi, persiapan kami adalah finishing teknik-teknik detail di akhir. Kami juga sudah dikirim ke Amerika, sudah mempersiapkan lomba-lomba untuk trial Olimpiade,” Joe menuturkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat