sveosportu.com

Perjalanan Atalanta Menuju Final Liga Europa 2023-2024

Atalanta akan melawan Bayer Leverkusen di final Liga Europa 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Atalanta sukses melangkah ke babak final Liga Europa musim ini, dan akan berhadapan dengan Bayer Leverkusen yang musim ini tampil gemilang.

Kiprah Atalanta di ajang Liga Europa musim ini juga tak bisa dipandang remeh, mereka tampil konsisten hingga akhirnya mencapai laga final.

Meski di sisi lain Bayer Leverkusen juga mengundang decak kagum karena tak terkalahkan hingga 51 pertandingan jelang final Liga Europa, Atalanta adalah lawan yang bisa merepotkan bagi mereka.

Namun, mereka baru saja menerima kekecewaan ketika harus kalah 0-1 dari Juventus pada pertandingan final Coppa Italia musim ini.

Itu menjadi satu-satunya kekalahan Atalanta dalam lima pertandingan terakhir menuju final Liga Europa, sementara empat pertandingan lain berhasil mereka menangkan.

Pada pertandingan terbaru, Atalanta berhasil mengalahkan Lecce 2-0 pada laga terkini di Liga Italia 2023-2024.

Kini fokus mereka tertuju untuk menghadapi Bayer Leverkusen yang masih berstatus tak terkalahkan hingga menuju final Liga Europa 2023-2024.

Dilansir dari akun resmi UEFA, berikut ini perjalanan Atalanta hingga menembus laga final Liga Europa 2023-2024.

Fase Grup

Atalanta berada di Grup D, satu grup bersama Rakow, Sporting CP, dan Sturm Graz, mereka tampil konsisten dengan meraih empat kemenangan, dan dua hasil imbang.

Menghadapi Rakow, mereka meraih kemenangan 2-0 di laga pertama dan 4-0 di laga kedua, kemudian melawan Sporting CP, tim dengan sebutal La Dea itu menang 2-1, dan imbang 1-1 di laga kedua.

Hasil lainnya di Grup D melawan Sturm Graz adalah imbang 2-2 di laga pertama dan kemudian menang 1-0 di pertemuan kedua.

Babak 16 Besar

Pada babak 16 besar, Atalanta kembali berhadapan dengan Sporting CP, yang sebelumnya harus tampil di babak playoff melawan Young Boys.

Pada pertemuan kali ini, Sporting CP berhasil menahan La Dea 1-1 pada leg pertama, tetapi tim asal Portugal itu kalah 1-2 dari Atalanta di leg kedua.

Perempat Final

Pada babak perempat final, Atalanta dinanti lawan tangguh dan salah satu favorit juara, Liverpool.

Namun, secara mengejutkan mereka berhasil menang 3-0 atas Liverpool ketika tampil di Anfield.

Meski kalah 0-1 di leg kedua, Atalanta tetap melaju ke semifinal karen keunggulan agregat atas The Reds.

Semifinal

Pada babak semifinal, wakil Prancis, Marseille, menjadi lawan tangguh lain yang harus mereka hadapi.

Pertandingan leg pertama berakhir dengan skor 1-1, tetapi La Dea berhasil menang 3-0 pada leg kedua.

Final

Pertandingan final Liga Europa Atalanta vs Bayer Leverkusen akan digelar di Aviva Stadium, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Ini menjadi final pertama Atalanta di kompetisi UEFA, sepanjang sejarah mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat