sveosportu.com

Persija Tampik Undangan ASEAN Club Championship 2024-2025

Persija Jakarta. (Deni Sulaeman/Skor.id)

- Persija Jakarta resmi tak ambil bagian pada ASEAN Club Championship 2024-2025.

Hal itu diumumkan oleh Presiden Persija, Mohamad Prapanca. Jadwal kompetisi domestik yang sulit ditebak menjadi alasan.

Dikatakan Prapanca, Persija Jakarta saat ini memilih fokus mempersiapkan tim untuk kembali bertarung di Liga 1 2024-2025.

Maklum, performa pasukan Macan Kemayoran sepanjang musim ini kurang memuaskan.

Mereka hanya mampu finis di peringkat kedelapan klasemen akhir, gagal melaju ke Championship Series Liga 1 2023-2024.

Padahal, target awalnya adalah bersaing di jalur juara.

"Kami harus menyusun kekuatan tim untuk memperbaiki performa di Liga 1 2024-2025, dan bersiap mengikuti turnamen domestik yang kabarnya juga akan bergulir secara bersamaan," ujar Mohamad Prapanca

"Kami tak mau memecah fokus agar pencapaian tim bisa lebih baik lagi dibanding musim sebelumnya," dia menambahkan.

Meski demikian, sang presiden mengaku tersanjung klubnya mendapat undangan berpartisipasi di ASEAN Club Championship 2024-2025.

Persija Jakarta, selaku runner-up Liga 1 musim lalu, diproyeksikan mendampingi sang juara, PSM Makassar, di turnamen antarklub Asia Tenggara tersebut.

Hanya saja, dia khawatir jika nanti penyelenggaraan ASEAN Club Championship berbenturan dengan Liga 1 dan turnamen domestik lainnya.

"Suatu kehormatan bagi Persija mendapatkan undangan untuk tampil di ACC. Namun, kami menilai situasi saat ini tidak ideal dikarenakan ketidakpastian jadwal, baik itu kompetisi musim depan dan turnamen domestik," kata Mohamad Prapanca.

Mohamad Prapanca (Persija Jakarta)
Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca. (Media Persija)

ASEAN Club Championship 2024-2025 rencananya akan dimulai pada 17 Juli tahun ini hingga 21 Mei tahun depan, diikuti oleh 14 klub dan nantinya tersaji 40 pertandingan.

Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam mendapat jatah wakil dua tim, sementara Filipina dan Singapura masing-masing satu tim.

Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar juga mengirimkan satu tim, tapi harus lebih dulu melewati babak play-off untuk memperebutkan dua slot.

Seluruh 12 tim peserta ASEAN Club Championship 2024-2025 nantinya lebih dulu dipecah ke dalam dua grup untuk menjalani babak penyisihan.

Fase tersebut terdapat 30 laga, semua menjalani pertandingan kandang atau tandang selama lima hari. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan lolos.

Babak semifinal dan final dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Rincian lebih lanjut mengenai format kompetisi bakal dirilis mendatang oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Pengumuman klub-klub peserta ASEAN Club Championship 2024-2025 dilakukan saat drawing pembagian grup yang digelar pada Minggu (12/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat