sveosportu.com

Piala Dunia 2022: Tersingkir Prematur, Qatar Jadi Tuan Rumah Terburuk dalam Sejarah

  • Peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga tepat ditujukan bagi Qatar.
  • Berstatus tuan rumah, Qatar tersingkir dari Piala Dunia 2022 setelah lima hari penyelenggaraan. 
  • Qatar mencatat rekor sebagai negara tuan rumah terburuk dalam sejarah Piala Dunia. 

- Sudah jatuh, tertimpa tangga. Peribahasa itu mungkin tepat ditujukan kepada Qatar yang dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Tak hanya menjadi negara pertama yang tersingkir dari gelaran Piala Dunia 2022, Qatar juga memecahkan rekor sebagai tuan rumah terburuk. 

Qatar yang berstatus host city Piala Dunia 2022, tersingkir hanya lima hari setelah gelaran akbar sepak bola tersebut dimulai pada 20 November. 

Hasil imbang 1-1 yang diraih Belanda kala bersua Ekuador, Jumat (25/11/2022), mengakhiri harapan tipis timnas Qatar untuk lolos dari Grup A.

Dengan catatan itu pula, Qatar menjadi negara tuan rumah terburuk dalam sejarah Piala Dunia yang sudah berlangsung selama 92 tahun.

Skuad asuhan Felix Sanchez tersebut kalah dalam dua pertandingan Grup A, masing-masing kontra Ekuador (0-2) dan Senegal (1-3). 

Dengan hasil itu, pertandingan terakhir Qatar pada babak penyisihan grup versus Belanda, dipastikan hanya formalitas karena tidak menentukan.

Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia, mengalami kekalahan terburuk karena tersingkir lebih awal dari semua pendahulu dengan nilai lebih sedikit.

Hanya butuh waktu lima hari bagi timnas Qatar untuk tersingkir Piala Dunia, sekaligus jadi rekor bagi negara tuan rumah dalam sejarah 92 tahun.

Afrika Selatan sebenarnya menjadi negara tuan rumah pertama yang tersingkir pada babak grup Piala Dunia, tepatnya pada 2010.

Tapi, Afrika Selatan yang tergabung bersama Uruguay, Meksiko dan Perancis, masih finis ketiga klasemen grup dan tersingkir karena selisih gol.

Hasil itu mereka dapatkan setelah bermain imbang 1-1 dengan Meksiko serta kalah dari Uruguay (0-3) dan Prancis (1-2) pada babak penyisihan. 

Lebih dari itu, Qatar juga menjadi tuan rumah pertama Piala Dunia yang menelan kekalahan pada pertandingan pembuka setelah ditekuk Ekuador, 0-2. 

Dari 22 tuan rumah sebelumnya, 16 di antaranya berhasil memenangi pertandingan pembukaan mereka dan enam lainnya meraih hasil imbang.

Berita Piala Dunia 2022 Lainnya: 

Cristiano Ronaldo Menggandeng Anak Indonesia di Piala Dunia 2022

Ron Vlaar Yakin Belanda Bisa Angkat Trofi di Piala Dunia 2022

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat